Bersih-bersih Pulau Gili, Relawan Kumpulkan 1 Ton Sampah

729

Probolinggo (WartaBromo.com) – Hampir sebagian wilayah di Pulau Gili, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo tertutup sampah. Setidaknya ada lebih dari 1 ton sampah yang berhasil dikumpulkan di lokasi wisata bahari ini.

Sampah ini terkumpul saat ratusan relawan melakukan aksi bersih-bersih di Pulau Gili. Aksi bersih-bersih dimulai dari dermaga baru Pulau Gili yang merupakan pintu masuk wisatawan saat hendak snorkling.

“Pulau Gili kami pilih sebagai sasaran bersih-bersih. Karena merupakan lokasi wisata bahari. Sebagai bentuk tanggung jawab moral kami pada masyarakat,” kata Kepala KSOP Tanjung Tembaga, Subuh Fakkurrohman, Kamis (12/9/2019).

Setidaknya ada lebih dari satu ton sampah yang berhasil dikumpulkan oleh relawan. Baik di sekitar wisata maupun bibir pantai. Sampah tersebut menutupi hampir seluruh wilayah di Pulau Gili.

Subuh mengungkapkan, harus ada kepedulian dari para wisatawan maupun warga Pulau Gili terhadap sampah. Apalagi 90 % sampah yang dikumpulkan relawan merupakan plastik.

Sampah-sampah ini kemudian ditimbang dan diangkut menuju TPA Anggrek Kota Probolinggo menggunakan kapal khusus.

Sekadar diketahui, aksi bersih-bersih ini dilakukan oleh 250-an relawan dari berbagai instansi. Diantaranya, gabungan dari pegawai Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Tembaga. Satpolair Polres Probolinggo, Polsek Sumberasih, Kamladu pos Mayangan dan sejumlah perwakilan perusahaan swasta serta masyarakat setempat. (lai/may)