Meluas, Kebakaran Hutan di Semeru Mencapai 80,1 Hektar

1202
Petugas saat memadamkan api di hutan Gunung Semeru. Foto : Saverindo

Lumajang (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan Gunung Semeru semakin meluas. Hingga saat ini, luas kebakaran mencapai 80,1 hektar.

Danial Rizza, Pusdalop BPBD Kabupaten Lumajang mengatakan, luas kebakaran pada hari ke empat pemadaman mencapai 80,1 hektar. Luasan ini masih dimungkinkan terus bertambah.

“Titik api bertambah menjadi 22, masih belum bisa dikendalikan yang tersebar di beberapa blok tersebut,” ujarnya, Rabu (25/9/2019).

22 titik api itu tersebar di beberapa blok seperti pusung gender, ayek-ayek, ungup-ungup, batu tulis, bantengan resort PTN Ranupani. Sampai saat ini luasan yang berhasil dipadamkan sudah mencapai 60,4 hektar.

“Pengaruh angin yang sangat kencang, bertebing dan berbukit sehingga menyulitkan petugas untuk pemadaman,” lanjutnya.

Petugas dan relawan memadamkan api dengan jetshoter, gepyok hingga ranting pohon. Petugas juga membuat sekat pada medan datar agar tidak meluas. Sementara pada medan tebing terjal dan sulit dijangkau, dilakukan pemantauan arah angin.

“BPBD dan TNI POLRI serta relawan dan TNBTS sudah memaksimalkan pemadaman, menjangkau titik api dan membuat skat. Namun percikan api yang terbawa angin cukup kencang menyebabkan api semakin luas. Penyebabnya, gesekan antar batang karena angin yang kencang,” tutupnya.

Sampai berita ini ditulis, petugas masih terus berupaya memadamkan api. Beberapa relawan yang memadamkan api bahkan juga meminta doa warganet supaya segera turun hujan. (may/ono)