Kebakaran Hutan Semeru, Warga dan Aparat Sholat Minta Hujan

797
Sholat istisqo' di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Lumajang. Foto : Humas Polres Lumajang.

Lumajang (WartaBromo.com) – Kebakaran Hutan di wilayah Semeru hingga hari ini, masih belum padam. Warga bersama aparat terkait kemudian melakukan sholat istisqo’ di halaman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Sholat meminta hujan ini diikuti oleh anggota TNI, Polri, BPBD hingga warga sekitar. Dandim 0821 Lumajang, Letkol Ahmad Fauzi memimpin langsung sholat istisqo’ ini.

“Ini upaya dari kita semua untuk mengharap kepada sang khalik hujan turun, supaya kebakaran di hutan lereng semeru segera padam,” ujar Teguh Widjayono, Kepala BPBD Lumajang, Selasa (1/10/2019).

Petugas mengalami kesulitan dalam memadamkan api. Ini lantaran hotspot berada di tebing curam dengan kemiringan 80 derajak yang sulit dijangkau.

“Kebakaran ini faktor alam, karena memang musim kering yang cukup panjang dengan suhu tinggi sehingga rerumputan belukar mudah untuk terbakar,” lanjutnya.

Berdasarkan catatan terakhir, setidaknya luasan kebakaran hutan mencapai 198 hektar. Kebakaran ini semakin meluas karena sudah sampai di wilayah Ranu Pani, bahkan blok watu tulis.

Meski sudah berdekatan dengan lokasi pemukiman, namun Teguh menyatakan jika kondisi tersebut masih aman bagi warga setempat. (may/ono)