Pembobol Mesin ATM Beraksi Menggunakan Cungkit Modifikasi

830

Probolinggo (wartabromo.com) – Komplotan pembobol mesin ATM yang tertangkap di Probolinggo, Minggu (29/9/2019) kemarin, beraksi menggunakan peralatan hasil modifikasi. Setidaknya sudah sembilan gerai ATM, yang berhasil dibobol komplotan ini.

Inilah satu dari tiga pelaku pembobol ATM yang berhasil ditangkap Satreskrim Polresta Probolinggo. Pelaku yang tertangkap, diketahui bernama Rusli (36). Sementara dua rekannya, yakni Anton (40) dan Hendri (40), masih dalam pengejaran petugas. Ketiganya, merupakan warga Desa Banding, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Tenggumus, Lampung.

Saat beraksi, komplotan ini cukup lihai karena menggunakan peralatan hasil modifikasi sendiri. Seperti obeng yang ujungnya dibentuk sedemikian rupa. Lalu semacam besi panjang dengan ujung bercapit, sampai kawat tebal yang dibentuk sedemikian rupa. Semua peralatan itu, merupakan hasil buatan komplotan tersebut.

Baca Juga :   Jebol Lagi, Pelat Deker di Sentong Ditanami Pohon

“Baru seminggu di Probolinggo. Berangkatnya dari Bogor, menggunakan mobil sewaan ini,” kata Rusli, Senin (30/9/2019).

Selama di Jawa Timur, setidaknya ada tiga daerah yang menjadi sasaran. Di antaranya, Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan. Di kawasan Probolinggo, ada sedikitnya 9 lokasi gerai ATM yang berhasil dibobol komplotan Rusli ini. Tapi nahas, saat beraksi di gerai ATM BNI depan Ridicom, atau jalan A. Yani, komplotan ini keburu tepergok.

“Jadi caranya menggunakan pengungkit itu. Fungsinya menahan mesin agar tidak tertutup. Lalu mereka mengambil dari celah itu,” terang Kapolresta Probolinggo, AKBP Ambaryadi Wijaya. Hingga saat ini, pihak kepolisian masih terus melakukan pengejaran terhadap dua rekan Rusli yang kabur. Yakni Hendri dan Anton. (lai/saw)