Kebakaran Hutan Gunung Bromo Capai 10 Hektare

608

Tosari (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan terjadi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) wilayah Pasuruan. Kebakaran sudah melumat lebih dari 10 hektare hutan.

Kebakaran hutan di lereng Gunung Bromo terjadi sejak Kamis, sore. Titik awal kebakaran di sekitar jalur menuju Bukit Penanjakan. Akibat embusan angin yang sangat kencang, api menjalar ke beberapa lokasi.

“Kami dapat laporan kebakaran pada Kamis sore. Kami siapkan petugas dan peralatan dan mulai pagi tadi terjun melakukan pemadaman,” kata Kepala Resort Bukit Penanjakan TNBTS, Joko Purwito, Jumat (4/10/2019).

Upaya pemadaman dilakukan puluhan petugas TNBTS dibantu personel TNI-Polri dan relawan. Pemadaman menggunakan mobil tangki air. Dari mobil tangki, air disemprotkan ke sejumlah titik api di sekitar jalur ke Penanjakan.

“Kebakaran di sekitar Penanjakan sudah berhasil dipadamkan. Masih ada titik api di tengah hutan yang tak bisa kita jangkau karena medannya sulit,” terang Joko.

Pemadaman kebakaran untuk sementara dihentikan. Sejumlah petugas terus memantau titik api yang masih menyala. Pemadaman akan diteruskan besok pagi.

“Sementara ini kami hitung luasan lahan yang terbakar mencapai 10,2 hektar,” terang Joko. (fyd/fyd/ono)