Api di Arjuno-Ringgit Meluas, Relawan Kewalahan

475

Pasuruan (WartaBromo.com)- Kebakaran hutan di pegunungan Arjuno kian meluas. Cuaca terik, plus sulitnya medan membuat para relawan yang berjibaku untuk memadamkan api mulai kewalahan.

Kepala UPT. Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, A. Wahyudi mengatakan, kebakaran kali benar-benar parah. Cuaca terik disertai angin kencang membuat api dengan cepat menyebar. Walhasil, lahan yang terbakar semakin luas. “Parah sekali,” ujarnya lirih.

Menurut Wahyudi, para relawan sejatinya terus berdatangan. Baik dari masyarakat sipil maupun TNI-Polri bergantian naik untuk membantu memadamkan api. Akan tetapi, belum banyak membuahkan hasil.

Keterbatasan peralatan, akses yang sulit karena lokasi kebakaran berada pada sudut curam menjadi kendalanya. Bahkan, di beberapa lokasi, kemiringan lahan yang terbakar mencapai lebih dari 40 derajat hingga sulit untuk dijangkau.

Dari pantauan WartaBromo, insiden yang sudah berlangsung sepekan lebih itu memang cukup parah. Dari yang terlihat, seluruh jajaran gunung di pegunungan Arjuno-Welirang tak luput dari aksi si jago merah.

Kawasan Gunung Ringgit, termasuk yang paling terdampak akibat kejadian ini. Hampir seluruh wilayah hutan di kawasan ini ludes dilalap api. Belum lagi Welirang, Gunung Anjasmoro, Gunung Lincing. (asd/asd)