Seluruh Bacakades Ketangirejo Dilaporkan Tak Lulus Uji Akademis

1409

Kejayan (WartaBromo.com) – Gelaran Pilkades Ketangirejo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan sepertinya tersendat. Pasalnya, seluruh seluruh bakal calon kepala desa (Bacakades) tak lulus dalam uji akademis.

Perkiraan tak dapat dilanjutkannya Pilkades Ketangirejo diketahui dari hasil uji akademis yang diserahkan pihak tim penguji pada Kamis (24/10/2019).

Dalam daftar didapatkan keterangan, bila Bacakades Ketangi dicatatkan ada empat nama yakni Mohammad Yahya, Abdul Rohim, Mukhlis, dan M. Sarbini.

Mereka mendapatkan nilai berbeda, meski pada kisaran angka 30-an dan dinyatakan tidak lolos.

Tapi, penilaian malah tidak diberikan kepada nama Mohammad Yahya pada proses penyaringan Pilkades kali ini.

Penilaian itu berturut-turut diberikan kepada Mohammad Yahya yang tak mendapatkan nilai; Abdul Rohim catatkan nilai 33; Mukhlis ditulis 34; dan M. Sarbini memperoleh nilai 37.

Baca Juga :   Belum Genap 5 Tahun Keluar LP, Balon Kades Tempuran Dicoret

Berkenaan dengan hasil uji akademis ini, membuat proses pemilihan kepala desa di Ketangirejo terhambat, karena saat ini bisa dibilang tak terdapat calon yang bisa ditetapkan.

Meski demikian, proses tahapan diyakini masih bisa berlanjut. Panitia Pilkades Ketangirejo dapat membuka kembali penjaringan, untuk selanjutnya dilakukan penyaringan, sebagaimana proses awal.

Dari berbagai sumber didapatkan informasi, hal serupa juga terjadi di Desa Oro-oro Pule, Kecamatan Kejayan. Di desa ini, dilaporkan terdapat dua Bacakades, yang satu di antaranya tak lulus dalam uji akademis. (ono/ono)