Pandaan-Prigen Mulai Hujan, Jalur Pendakian Masih Ditutup

736
Kondisi salah satu titik Gunung Arjuno yang hangus terbakar. Foto: Paijo BoloWarmo

Pandaan (WartaBromo.com) – Hujan akhirnya tiba. Saat sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan masih dilanda cuaca panas, hujan mulai turun di sebagian Kecamatan Prigen dan Pandaan, Selasa (29/10/2019).

Walaupun tak begitu deras dan terbilang sebentar hanya 30 menitan, namun cukup memberikan hawa sejuk di akhir musim kemarau. “Alhamdulillah… akhirnya hujan juga,” kata Imam, warga Prigen.

Ia berharap, hujan yang turun mengakhiri rentetan kebakaran hutan belakangan ini.
Mengutip laporan prediksi cuaca yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian besar zona musim memang diprediksi mengawali musim hujan pada awal November.

Namun demikian, beberapa tempat sudah diguyur hujan pada Oktober ini. Sebagian lainnya Desember mendatang.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas II Tretes menyebutkan, hujan yang berlangsung singkat itu merupakan hujan lokal.

“Ini hanya musim pancaroba, hanya terjadi di beberapa daerah lokal (Jawa bagian tengah). Seperti daerah pegunungan,” jelas Kepala Stasiun BMKG Tretes, Jabar.

Perkiraan musim hujan masih di bulan Nopember untuk daerah pegunungan (Pandaan, Prigen, Purwosari hingga Malang) dan Desember di daerah Timur Pasuruan (Pesisir).

“Prigen juga baru pertama kali turun hujan,” imbuhnya.

Jabar berharap, hujan yang turun sekira 30 menit itu cukup membuat lahan di atas basah. Dengan begitu, ancaman kebakaran berkurang.

Terpisah, pihak Tahura belum memutuskan untuk tidak segera membuka jalur pendakian kendati sudah mulai turun hujan. “Karena saat hujan pertama memiliki potensi tanah longsor dan pohon tumbang,” ungkap Junaidi, petugas Tahura setempat. (trn/asd)