Hujan dan Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Lumajang Tumbang

1183
Pohon tumbang di Lumajang. Foto : Dokumen DLH dan Fb Sifa Golinkpay

Lumajang (WartaBromo.com) – Hujan dan angin kencang melanda Lumajang pada Minggu (19/11/2019). Sejumlah pohon dikabarkan roboh dan menyebabkan aliran listrik terputus.

Setidaknya ada 2 pohon yang dikabarkan tumbang di Lumajang. Pohon tersebut berlokasi di depan RSUD dr. Haryoto Lumajang, dan pohon sengon milik warga di Jalan Soekarno Hatta.

Tumbangnya pohon di depan RS ini sempat menutup seluruh akses lalu lintas menuju kota Lumajang.

Sementara pohon di wilayah Soekarno Hatta yang tumbang, mengenai kabel listrik di wilayah tersebut. Akibatnya tiang listrik hampir roboh dan arus listrik di sebagian wilayah Lumajang padam.

Saat ini petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga pihak PLN sudah berada di kedua lokasi. Mereka melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang tersebut.

“Sudah tertangani, Tim Hijau DLH sudah di lokasi,” ujar Humas DLH melalui akun resmi Facebooknya.

Terungkap kemudian, penyebab pohon tumbang di depan RS karena adanya pembakaran batang pohon di bagian bawah.

Bekas pembakaran batang pohon. Foto : Dokumen DLH Lumajang.

“Setelah ditelisik, penyebab pohon tumbang bukan hanya hujan dan angin. Tetapi yang lebih mencengangkan pohon tersebut dibakar,” jelasnya kemudian.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun DLH akan memberikan peringatan tertulis mengenai bahayanya membakar batang pohon, atau melakukan pembakaran sampah di sekitar pohon. (may/ono)