Bunuh Teman Masa Kecil, Pria Ini Tak Menyesal

12943

Probolinggo (wartabromo.com) – Seorang pria di Probolinggo bunuh teman, yang diduga telah perkosa istrinya. Aksi nekat itu tak disesali, lantaran menjaga kehormatan diri dan keluarganya.

Nanang Budianto (25), warga Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, diyakini telah membunuh M. Slamet Widodo (25). Teman semasa kecilnya, disabet dengan celurit hingga hembuskan nafas terakhir, saat berada di kediamannya.

“Awalnya sedih, karena dia teman saya. Tapi saya tidak menyesal karena melakukannya. Itu sebagai tanggung jawab saya sebagai kepala rumah tangga untuk melindungi keluarga saya,” kata Nanang dihadapan Kapolres Probolinggo, AKBP. Eddwi Kurniyanto pada Rabu, 27 November 2019.

Ayah 1 anak itu mengakui, hubungannya dengan Slamet Widodo sudah seperti saudara sendiri. Lelaki yang menodai rumah tangganya itu, merupakan teman sepermainan sejak kecil hingga besar. Di mana keduanya sama-sama warga Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces.

“Sudah seperti saudara, kami sama-sama dari Pondok Wuluh. Rumah yang Leces itu, kami bangun 3 tahun lalu. Di rumah itu, ada tempat ngopi dan wifi-an. Selama itu, Slamet sering main ke rumah dan saya tidak curiga kalau dia akan berbuat itu kepada istri,” terangnya.

Nanang mengatakan Yuliyana, istrinya, baru menceritakan kalau diperkosa oleh Slamet sepekan sebelum peristiwa berdarah itu. Mendengar penuturan tersebut, Nanang meminta istrinya untuk bersabar dan menghindari korban. Selain itu, Nanang menelepon Slamet, memberitahu jika hubungan pertemanannya sudah putus.

“Sejak saat itu, saya membawa sajam untuk berjaga-jaga. Bukan untuk membunuhnya, melainkan jaga diri. Tidak ada niat membunuh. Hanya saja ketika itu (pembunuhan), emosi saya naik ketika melihatnya mencoba membuka baju istri. Langsung saja saya bacok,” terangnya sambil memperagakan cara membacok korban.

Oleh polisi, Nanang dijerat dengan Pasal 340 tentang pembunuhan berencana. Penyidik menemukan unsur perencanaan pembunuhan oleh pelaku. “Yakni sudah mempersiapkan senjata tajam setiap pergi keluar rumah,” kata Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurniyanto.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Nanang Budianto nekat membunuh M. Slamet Widodo (25), temannya. Sang kawan hendak memperkosa Juliyana (22), istri Nanang, pada Sabtu pagi, 23 November 2019 sekitar pukul 08.30 WIB. (cho/saw)