TNBTS Kutuk Perusakan Tempat Sembahyangan Umat Hindu Tengger

11283

Probolinggo (wartabromo.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengutuk pengrusakan padmasana di kaki Gunung Widodaren-Bromo. Aksi pengrusakan tempat sembahyangan umat Hindu suku Tengger ini, diminta segera diungkap.

Dalam keterangan tertulis, Humas BB TNBTS, Syarif menyebut, pihaknya sejauh ini menjunjung tinggi adat budaya dan kepercayaan masyarakat suku Tengger di kawasan Bromo.

“Kami mengutuk keras perusakan itu. Namun kami harap, masyarakat tetap menjaga suasana kondusif, serta menahan diri. Dengan tidak membuat pernyataan yang menimbulkan multitafsir dan kegaduhan,” katanya, Minggu (8/12/2019).

Selain itu, TNBTS mendukung pihak berwajib, untuk menyelidiki kasus perusakan itu. Harapannya, pelaku dapat segera tertangkap dan motif di balik itu juga terungkap.

Seperti diwartakan sebelumnya, padmasana di bawah mata air suci Widodaren Bromo dirusak oleh orang tak dikenal. Dari gambar yang didapat wartabromo.com, padmasana atau tempat untuk bersembahyang dan menaruh sajian bagi umat Hindu itu, rusak parah.

Bangunan dengan ketinggian sekitar 2 meter itu hancur. Puing-puing berserakan di sekitar Padmasana. Beberapa pihak menyebutkan rusaknya sarana ibadah tersebut, terdapat unsur sengaja. Warga Suku Tengger, berharap pelaku segera diamankan. (cho/saw)