Natal dan Tahun Baru di Kota Pasuruan, 500 Personel Gabungan Dikerahkan

862

Pasuruan (WartaBromo.com) – Polres Pasuruan Kota dan Kodim 0819 Pasuruan siap amankan natal dan tahun baru. Lebih 500 personel gabungan dikerahkan, jamin keamanan.

Pengerahan personel ini terungkap dalam gelar patroli bersama, mengecek persiapan keamanan natal dan tahun baru di Kota Pasuruan pada Senin (24/12/2019) sore tadi.

Pamer kekuatan tim gabungan itu dimulai dengan apel gabungan di halaman Polres Pasuruan Kota pada pukul 16.00 WIB. Setelah itu seluruh tim melakukan patroli keliling Kota Pasuruan.

Mereka mengecek pos-pos kepolisian di beberapa titik yang ada di wilayah kota. Ada sebagian personel yang melakukan pengecekan di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW Pasuruan).

Pengecekan di antaranya juga dilakukan di Gereja Katolik St. Antonius Padua Pasuruan.

Baca Juga :   Warga Kepulungan Gotong Royong Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

Tim gabungan dikomando Kapolres Pasuruan Kota kemudian memastikan gereja dalam kondisi aman, tak terdapat ancaman atau hal berbahaya lain.

Terlihat beberapa personel dari tim Gegana menyebar di dalam maupun luar gereja. Menggunakan mirror security maupun metal detector, tim menyisiri sudut gereja.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander menjelaskan operasi lilin digelar sejak 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020.

Pengamanan meliputi wilayah hukum Polres Pasuruan Kota dengan sasaran di antaranya terkait kejahatan jalanan, aksi-aksi yang mengarah unsur teror, kejahatan narkotika, hingga kemungkinan pesta minuman keras.

“Untuk kekuatan personel kurang lebih ada 500 yang terdiri dari TNI dan Polri,” ujar Dony.

Menyinggung fokus pengamanan tiap gereja, pihaknya kerahkan 10 personel polisi dan 5 personel TNI, yang akan berjaga. Selain itu, pengamanan juga melibatkan Banser NU dan KOKAM Muhammadiyah. (tof/ono)