Tahun Baru ke Puncak Tretes? Ini Alternatif Jalur Hindari Kemacetan

9173

Pasuruan (WartaBromo.com) – Perayaan malam tahun baru di Tretes-Prigen, Kabupaten Pasuruan masih jadi primadona. Kemacetan kerapkali terjadi, dan perlu banyak cara untuk menghindari.

Saban puncak akhir tahun, kawasan wisata puncak Tretes memang jadi jujukan. Tak hanya warga Pasuruan, warga luar, seperti dari Surabaya juga manfaatkan momen old and new di Tretes.

Tapi, ingat Bolo, pada libur akhir tahun, acapkali jalanan menuju puncak di kaki Gunung Arjuno ini mengalami kemacetan. Laju kendaraan bakal terhenti, tak bisa segera terurai.
Hal ini, tentu saja bikin stres.

Nah, WartaBromo sudah rangkumkan catatan Kabag Ops Polres Pasuruan, Kompol Subadar, terkait jalur alternatif yang bisa jadi bekal menuju puncak.

Puncak Tretes

Berikut jalur alternatif menuju Puncak Tretes :

1. Dari arah Malang

  • Pengendara bisa masuk kiri di Palang, Sukorejo, hingga tembus ke Dayurejo dan Ledug.
  • Melalui perempatan Jetak, belok kiri ke Dayurejo, tembus di Ledug, Prigen
  • Satu lagi melalui Kluncing, naik terus hingga tembus ke Patung Kuda di Ledug, Prigen.

2. Dari arah Surabaya
Jalur alternatif yang bisa ditempuh tak banyak berbeda. Hanya ada satu tambahan, yakni melalui perempatan Kasri, tembus ke Trawas.

Kompol Subadar juga mengatakan, pada jalur tersebut akan diberlakukan sistem buka-tutup.

“Jika dirasa arus lalu lintas landai, kami akan berlakukan sistem normal. Tapi, kalau volume kendaraan sudah meningkat dan sebabkan kemacetan maka akan kami tutup (hanya jalur turun),” ungkap Kabag Ops.

Ia juga menambahkan, kemacetan sering terjadi lantaran volume kendaraan yang semakin meningkat, sedangkan kondisi jalan raya dinilainya masih tetap sama.

“Setiap tahun memang di situ (Pandaan-Prigen) simpang 5 selalu terjadi penumpukan kendaraan,” pungkas Kompol Subadar. (trn/ono)