Diguyur Hujan, Pohon Beringin Tua Tumbang Timpa Rumah Warga Purwodadi

929

Purwodadi (WartaBromo.com) – Hujan terus menerus mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Pasuruan. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang, satu di antaranya menimpa rumah.

Pohon tumbang timpa rumah Suwandi, warga Desa Jatisari, Kecamatan Purwodadi pada Jumat (3/12/2019) subuh.

Rumah sekaligus bengkel milik pria yang biasa dipanggil Andik Dukun itu mengalami kerusakan cukup parah setelah ditimpa pohon beringin.

“Bukan karena angin kencang. Penyebab pohon roboh dikarenakan usia pohon sudah tua, kemungkinan akarnya gak kuat karena beberapa hari ini hujan terus,” terang Hery, Babinsa Purwodadi.

Pohon tumbang dilaporkan juga terjadi di wilayah Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Hanya saja, pohon berukuran besar di wilayah ini, ambruk menutupi jalan raya.

Karuan saja, beberapa waktu arus lalu lintas terhambat. Pengguna jalan terpaksa harus memutari permukiman hingga dapat melanjutkan perjalanan.

Beruntung peristiwa pohon tumbang di Purwodadi dan Lekok tersebut, dilaporkan tak menimbulkan korban.

Belum ada penjelasan resmi disampaikan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, terkait peristiwa serupa terjadi di tempat lain.

Sejumlah sumber mengatakan, BPBD saat ini masih melakukan pengecekan dan asesmen di lokasi pohon tumbang, selain terhadap kemungkinan bencana lain.

Sekadar diketahui, selama beberapa hari terakhir hujan dan angin kencang mengguyur Pasuruan dan sekitarnya seringkali mengakibatkan pohon tumbang.

Beberapa waktu lalu sebuah pohon tumbang tidak jauh dari tempat pemandian Banyu Biru, Kecamatan Winongan.

Kemudian di Kota Pasuruan, sebelumnya tiga pohon tumbang, dalam waktu yang bersamaan. Bahkan salah satu pohon tumbang yang berada di sekitar Alun-alun Kota Pasuruan nyaris menimpa rumah warga.

Selain mengakibatkan pohon tumbang, intensitas hujan disertai angin yang mengguyur Pasuruan belakangan juga mengakibatkan sejumlah desa terendam banjir. (tof/trn/ono)