Akhir Minggu Ini, Giliran Gerhana Bulan Penumbra Tampak di Pasuruan-Probolinggo-Lumajang

3137

Pasuruan (WartaBromo.com) –  Gerhana Penumbra bakal jumpai warga Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Fenomena ini nampak pada Sabtu, 11 Januari 2020 mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan resminya mengungkapkan, Gerhana Bulan Penumbra tahun ini merupakan anggota ke 16 dari 71 seri Saros 144.

“Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 30 Desember 2001. Adapun gerhana Bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 21 Januari 2038,” jelasnya.

GBP bakal mengalami 3 fase atau tahapan. Gerhana bakal mulai pada pukul 00.05 WIB. Lalu bakal mengalami fase puncak 2 jam kemudian yakni pukul 02.10 WIB. Kemudian gerhana berakhir pada shubuh yakni pukul 04.14 WIB.

Baca Juga :   Selain Kios, Ada 130 Bedak Terbakar di Pasar Nguling

“Durasi gerhana dari fase Gerhana mulai hingga Gerhana berakhir (P4) adalah 4 jam 08,7 menit,” lanjutnya.

Sementara itu, GBP bisa diamati di seluruh Indonesia termasuk Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Namun, sebagian wilayah Papua tidak bisa mengamati Gerhana Bulan Penumbra.

Sekadar diketahui, gerhana bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan bisa diprediksi sebelumnya. (may/ono)