Lantik Kades, Cak Thoriq: Kades Ojo Rabi Maneh!

1628

Lumajang (WartaBromo.com) – Bupati Lumajang melantik 158 Kepala Desa terpilih pada 8 Januari lalu. Sejumlah pesan disampaikan, di antaranya membuat program prioritas hingga Kades dilarang nikah lagi.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq memimpin langsung jalannya pelantikan beberapa waktu lalu. Ada 158 desa yang sudah memiliki pemimpin untik 6 tahun ke depan.

Setelah pelantikan dilakukan, Cak Thoriq – sapaan akrabnya- memberikan wejangan kepada Kepala Desa tersebut.

Ada beberapa hal yang diutarakan. Di antaranya meminta Kades untuk membuat program prioritas.

“Pemetaan terhadap masalah sekaligus penanganan masalah. Bagi desa yang memiliki masalah infrastruktur, segera fokus anggaran desa untuk pembangunan jalan,” jelasnya.

Baca juga : 240 Kades Terpilih di Kabupaten Pasuruan Dilantik

Baca Juga :   Ada 900 APK Langgar Aturan di Lumajang

Tak hanya itu, CT juga meminta Kades yang belum mengaktifkan Satgas Keamanan Desa, segera dibentuk. Supaya masalah keamanan juga bisa terselesaikan.

“(Kades, redOjok rabi maneh, karena itu awal masalah. Biasane lek wes rabi maneh, uang desa amblas, urusan pelayanan ndak keurus, program di desa amburadul, uang pengurusan sertifikat tanah katut. Pokoke nggarai tambah ruwet,” tegasnya.

Sekadar diketahui, pemilihan kades di Lumajang dilakukan pada 18 Desember 2019 lalu. Tak sampai sebulan paska pemilihan, pelantikan dilakukan di Pendopo Kabupaten Lumajang. (may/ono)