Nyaris Sebesar Mobil, Batu Ini Meluncur dari Perbukitan Arjuno ke Permukiman Warga

5306

Prigen (WartaBromo.com) – Batuan seukuran separo mini bus tergelincir dari perbukitan Gunung Arjuno-Welirang di Kelurahan Pecalukan, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Minggu (12/01/2020).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, insiden tersebut mengakibatkan sambungan pipa yang mengalir ke rumah-rumah warga rusak.

Peristiwa itu tepatnya terjadi di Dusun Krajan Timur, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, RT 05 RW 05. Penyebabnya diduga hujan deras semalam yang mengguyur wilayah Prigen.

Berdasar laporan Polsek Prigen, pada Sabtu (11/01/2020) pukul 20.00, terjadi hujan yang sangat deras mengakibatkan lereng tebing di pekarangan Krajan Timur tergerus air.

Kemudian pada pukul 20.30 tanah dan batu di lereng tebing itu mengalami longsor, melindas pipa saluran air yang tersambung ke wilayah perkampungan warga Dusun Krajan Timur.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Batu besar yang tergelincir terlihat terhenti di aliran sungai yang berjarak cukup dekat dengan rumah warga.

BPBD Kabupaten Pasuruan bersama warga sekitar, Babinsa wilayah Kecamatan Prigen, Polsek Prigen kini tengah meninjau lokasi untuk melakukan asesmen. “Tidak ada korban jiwa. Hanya saluran pipa air masyarakat yang rusak,” ujar staf BPBD Rian.

Selain Krajan Timur, saluran pipa air yang terlindas itu juga berfungsi menyalurkan air pada dua wilayah Krajan yang lain, yaitu, Krajan barat, dan Krajan tengah. Karena terputus, akibatnya saluran air di wilayah itu kini terhambat. (tof/asd)