Cek Kesiapan PDAM Salurkan Air Bersih, Komisi II Inspeksi Proyek Ground Tank di Tambaan

689

Pasuruan (WartaBromo.com) – Komisi II DPRD Kota Pasuruan inspeksi proyek Ground Tank, Senin (13/01/2020). Langkah ini, untuk memastikan PDAM siap dalam penyediaan air bersih bersumber dari mata air Umbulan.

Koordinator Komisi II Dedy Tjahjo Poernomo menanyakan progres pembangunan Ground Tank yang berada di wilayah di Kelurahan Tambaan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan itu.

Sebab Ground Tank tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tandon yang menampung air dari SPAM Umbulan.

Direktur PDAM Kota Pasuruan Robert Balbut mengungkapkan, pembangunan tandon tersebut sudah 99% selesai dan bulan depan SPAM Umbulan akan mulai uji coba.

“Hanya sekarang masih terkendala daya listrik. Kami sudah memegang 3.000 daftar tunggu pelanggan baru,” ujar Robert.

Tandon yang berada di wilayah Tambaan tersebut nantinya akan membantu kelancaran suplai air di wilayah Pasuruan Kota, khususnya bagian utara yang selama ini seringkali bermasalah.

Dedy juga mengingatkan bilamana ada rencana kenaikan tarif, pihak PDAM mengundang dewan sebelum menetapkan besaran jumlah tarif. Hal ini, menurut Dedy, agar dewan dapat memberi masukan yang selama ia tampung dari masyarakat.

Selain itu, anggota dewan juga membahas seringnya pipa air di wilayah Kota Pasuruan yang bocor. Salah satu anggota Komisi II Aris Budi menegaskan agar pipa air ditanam lebih dalam supaya tidak mudah jika mendapat tekanan dari atas tanah.

“Tolong dipasang yang lebih dalam. Nanti kalau rusak, akhirnya harus ngambil dari anggaran. Kan eman-eman,” ujar Aris.

Menanggapi masukan dari Aris, Robert mengatakan, untuk pemasangan pipa air, PDAM kota, hanya menerima proyek dari pusat atau provinsi. Namun ia juga menegaskan bahwa dalam aturan pemasangan pipa harus 1,5 meter tampak punggung pipa.

Pada inspeksi kali ini, hampir semua anggota Komisi II DPRD Kota Pasuruan hadir. Beberapa di antaranya Aris Budi dan Sabilal Rosyad. (tof/ono)