Ngetrail, Parade Pekok#3 Jelajah Arjuna

2304
Sambil Bakti Sosial dan Santuni Anak Yatim

Pasuruan (Wartabromo.com)Ngetrail biasanya identik dengan aksi ngebut atau atraksi di jalanan. Namun, yang dilakukan komunitas trail Pekok Nusantara agak berbeda. Sambil ngetril yang menjadi ciri khasnya, mereka juga peduli pada lingkungan sekitar yang membutuhkan.

Seperti yang dilakukan komunitas ini selama tiga hari lalu. Mulai Jumat (17/1) sampai Minggu (19/1). Komunitas Pekok juga memberikan santunan kepada anak yatim di daerah sekitar. Mereka juga mengadakan bakti sosial ke masjid-masjid.

TRACK MENANTANG: Para rider mencoba menyusuri rute track Gunung Arjuna yang menantang.

Menurut Arif Rohmatus Salam, salah satu pengurus Pekok Nusantara, kegiatan parade disertai Baksos ini merupakan acara reguler yang rutin dilakukan komunitasnya.

“Event ini sebagai ajang silaturrahmi antar anggota dan bakti sosial dengan masyarakat sekitar,” tegas Arif.

Baca Juga :   Terungkap, 195,93 Km Jalan di Kabupaten Pasuruan Rusak Berat

Arif menambahkan, bakti sosial diberikan untuk warga sekitar Arjuna. Sebanyak 77 santunan anak yatim, pemberian bantuan dana untuk 3 musala. “Kita ingin merubah image bagi mayarakat, bahwa offroder juga peduli terhadap lingkungan dan masyarakat,” tegasnya.

MENANJAK: Jalur track yang menanjak harus ditaklukkan peserta komunitas Trail Pekok Nusantara. Mereka pun berhasil.

Kegiatan trail ini diikuti 37 anggota. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, dan Bali. Bahkan, ada dari Jambi dan Batam.

Pada hari pertama, para anggota disambut dalam sesi welcome rider. Ada makan malam, briefing jalur hari Sabtu, santunan anak yatim, dan juga reformasi pengurus Pekok Nusantara 2020-2022. Disertai acara hiburan.

Kemudian pada hari kedua, setelah sarapan, ada prepare endure private. Selanjutnya start dilakukan di kawasan Kaliandra Prigen.

Baca Juga :   Mayat Bayi Ditemukan Ditumpukan Sampah hingga Begal Beraksi di Jalur Bromo | Koran Online 15 Sep
BRIEFING: Sebelum ngetrail, mereka brifing dulu sambil memberi semangat. No Baper, siap monteng, siap ambyar, happy, hard, enduro.

Private enduro track 1 berhenti sejenak di masjid/musala untuk bakti sosial. Dilanjutkan makan siang di Putuk Lesung. Kemudian dilanjut endure private track 2 dan istirahat makan malam di wisata Kebun Teh.

Lewat tengah malam dilanjut Enduro private track 3. Jalanan berkelok, menanjak, curam di Gunung Arjuno menjadi tantangan tersendiri. Bahkan, saat melewati spot puncak, pihak panitia menghadirkan tantangan tersendiri buat peserta.

“Ini luar biasa. Track Arjuna mantab,” ujar Hendri Atmoko, rider asal Jakarta.

Memasuki hari ketiga, para peserta bisa mencapai garis finish. Setelah sarapan dan coffe morning dilanjutkan pemberian penghargaan kepada anggota. Pesan dan kesan anggota serta pelantikan pengurus pekok nusantara 2020-2022.

Baca Juga :   Peringati Hari Jadi Kota Pasuruan, Ratusan Peserta Ikuti Lomba Musik Tradisional
LEGA: Semua komunitas Pekok Nusantara merasa.lega bisa mengikuti kegiatan ngetril sambil baksos dan santunan anak yatim dengan sukses.

Kegiatan ini sudah dilakukan kali ketiga. Event pertama di Gunung Sumbing. Kedua di Gucci Jawa Tengah. Dan ketiga dilakukan track menantang di Gunung Arjuno Jawa Timur.

Selama ini, lanjut Arif dan Hendri, track Arjuno hanya diexplore oleh teman-teman hiking. Padahal secara keseluruhan Arjuno adalah jalur yang sangat eksotik untuk di-explore, baik hiking, trail, ataupun jeep.

“Jalur yang dilintasi peserta komunitas trail Pekok Nusantara sekitar 75 KM. Namun sudah sangat menguras tenaga. Karena peserta start dari jam 8.00 WIB pagi baru finish jam 11.00 WIB malam,” tegasnya.

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.