Pernah Memblokir, Kominfo Kini Malah Main TikTok

1648

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setelah melakukan pemblokiran, kini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memiliki akun di aplikasi Tik Tok. Bahkan akun Kemenkominfo sudah terverifikasi dengan tanda centang biru.

Informasi ini dibongkar oleh warganet beberapa waktu terakhir, saat Tik Tok kembali booming. Kominfo diketahui memiliki akun Tik Tok dengan id @Kemkominfo. Pengikutnya pun sudah sekitar 2.032 akun. Bahkan, Kominfo juga memiliki maskot Miss Lambe Hoaks.

“Mengenai akun kami di Tik Tok itu betul. Dibuat pada Agustus 2019. Dan kontennya masih sedikit. Semata-mata hanya ingin mensosialisasikan program-program kami lewat Tik Tok, program anti hoaks atau sebagainya,” kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Fernandus Setu, dilansir dari Tirto.

Baca Juga :   Putus Cinta, Pelajar MTs Pilih Akhiri Hidup

Dijelaskan kemudian, akun Tik Tok ini dianggap memiliki pasar sendiri. Khususnya untuk berkomunikasi kepada anak-anak muda.

“Kami memiliki akun di Twitter, Line, YouTube, dan sebagainya, kami rasa biar fair juga buat akun di Tik Tok agar sosialisasi kami lebih mengena ke anak-anak muda juga,” tambahnya.

Meski begitu, Nando tak menampik jika aplikasi dengan logo mirip not balok itu pernah diblokir. Sebab saat di bawah kepemimpinan Rudiantara, Tik Tok diduga memuat konten negatif.

“Benar kami pernah blokir Tik Tok pada 3 Juli 2018. Namun, kami tarik lagi pemblokiran pada 10 Juli 2018. Hanya seminggu,” jelasnya.

Setelah pemblokiran, manajemen Tik Tok kemudian mendatangi Kominfo. Saat itulah kesepakatan terbentuk, karena aplikasi yang digandrungi kaum muda itu mau menghapus konten negatif.

Baca Juga :   Ibu-Anak Tewas Diserondol Avanza, hingga Pemicu Warga Tutur Ngamuk Buang Sampah di Jalanan | Koran Online 4 April

“Karena pihak Tik Tok berhasil berkomitmen untuk membersihkan konten-konten dan akun-akun yang berunsur pornografi. Kami memantau itu,” pungkas Nando. (may/ono)