Dinkes Kota Probolinggo Bersiap Hadapi Wabah Corona

1822

Probolinggo (wartabromo.com) – Virus corona, sudah menyebar ke sejumlah negara. Beberapa daerah sempat dilaporkan terdapat suspect virus, hingga Dinkes Kota Probolinggo, bersama RSUD dr.Saleh, bersiap-siap.

Salah satu sikap siaga itu ditunjukkan pihak Dinkes dan rumah sakit bersama-sama mengkoordinir Puskesmas yang ada di Kota Probolinggo. Hal itu dimaksudkan, sebagai cara menyiapkan diri, antisipasi apabila ada pasien dengan ciri-ciri penyakit mematikan itu.

“Tak hanya itu, kami juga bekerjasama dengan fasilitas kesehatan di pelabuhan, untuk mengantisipasi hal itu,” kata Sekretaris Dinkes, Nurul Hasanah Hidayati, Selasa (28/1/2020) siang.

Sempat beredar informasi yang menyebutkan RSUD dr. Saleh tidak memiliki ruang isolasi. “Tidak, itu tidak benar. Rumah sakit beberapa waktu lalu tes akreditasi, hasilnya paripurna. Mana mungkin tidak ada ruang isolasinya. Kan itu syarat utamanya akreditasi,” jelas wanita yang juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan itu.

Baca Juga :   Ibu-Anak asal Tongas Meninggal Setelah Positif Covid-19, hingga Segini Besaran Gaji ke-13 PNS | Koran Online 4 Ags

Masih kata Ida, sejauh ini penanganan penyebaran virus corona sudah tersistem dengan baik di Indonesia. Mulai dari pencegahan sampai penanganan.

Apabila ada keluarga yang baru datang dari luar negeri, alur penanganannya sudah jelas. Mulai dari deteksi di Bandara, sampai koordinasi di daerah, untuk didapatkan kejelasan, kalau-kalau suspect virus corona.

Upaya sosialisasi pada masyarakat, juga semakin gencar dilakukan. Baik melalui siaran radio, media sosial Dinkes dan rumah sakit, sampai penyebaran informasi melalui kader-kader kesehatan di tengah masyarakat.

“Untuk masyarakat kami imbau untuk tidak panik, serta terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Penguatan daya tahan tubuh, juga penting. Dengan asupan vitamin dan gizi cukup tentunya,” ujarnya.

Baca Juga :   Dalam Hitungan Jam Ribuan Vaksin Ludes hingga Tiga Atlet Asal Kota Pasuruan Dikirim ke PON Papua | Koran Online 16 Ags

Sejauh ini, di kawasan Kota Probolinggo, belum ada laporan suspect virus corona. Sementara di sejumlah lain di Indonesia, beberapa sudah terdeteksi, meski kemudian negative corona.

Namun demikian, pihak Dinkes maupun RSUD dr. Saleh memastikan, kesiapan menghadapi wabah mematikan itu. (lai/saw)