Pulang ke Lumajang, Mahasiswa Kuliah di Cina Jalani Pemeriksaan Kesehatan

1134

Lumajang (WartaBromo.com) – Pelajar asal Lumajang yang menempuh kuliah di Cina pulang. Rangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan pada mahasiswa ini.

Suargita, mahasiswa asal Lumajang yang berkuliah di Cina, tiba pada Jumat (31/1/2020). Ia kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Haryoto Lumajang.

“Sudah dilakukan pemeriksaan dari dokter spesialis paru dan hasilnya sangat bagus, secara klinis tidak ada masalah, yang bersangkutan dalam kondisi sehat dan tidak ada indikasi membawa virus corona,” jelas Indah Amperawati, Wakil Bupati Lumajang saat melihat kondisi mahasiswa.

Bunda Indah, sapaan akrabnya kemudian mengatakan jika setiap mahasiswa yang pulang dari Cina, bakal mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Setidaknya ada 13 mahasiswa yang sampai saat ini masih bertahan di negeri tirai bambu itu.

Baca Juga :   LTMNU Lumajang Imbau Tunda Undang Mubaligh dari Luar Daerah

“Kita pasti akan mengantisipasi, apakah mereka membawa virus corona atau tidak,” tegasnya.

Terpisah, dr. Halimi, Direktur RSUD dr Haryoto Lumajang mengaku pihaknya telah melakukan persiapan untuk pemeriksaan. Hal ini pun telah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan, sesuai aturan Kementerian Kesehatan.

“Semua pelajar yang datang dari China akan kita lakukan cek screening, baik pemeriksaan fisik maupun klinis, untuk ruangan sudah kita sediakan ruang isolasi di UGD,” lanjutnya.

Jika nanti ditemukan mahasiswa atau warga yang terjangkit Corona, maka mereka diwajibkan rawat inap untuk mendapatkan sejumlah perawatan. (may/ono)