Gajah & Badak Terancam Punah, Apa Efeknya?

570

Pasuruan (Wartabromo.com) – Perburuan liar terhadap hewan besar seperti gajah dan badak mengakibatkan populasi keduanya kian berkurang. Termasuk juga pepohonan besar. Kok bisa?

Keberadaan mereka memiliki peran penting bagi kehidupan di Bumi. Artinya, melindungi spesies besar, berarti juga melindungi ekosistem yang lebih luas.

Mengutip kompas, para peneliti di University of Arizona, Santa Fe Institute, Northern Arizona University, UN Environment Programme World Conservation Monitoring Centre, dan University of Oxford melakukan studi.

Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi. Berdasarkan simulasi, kehilangan hewan besar akan menyebabkan berkurangnya 44% biomassa hewan liar di planet ini.

Selain itu, tingkat kesuburan tanah merosot hingga 92%. Padahal tanah merupakan penopang untuk menumbuhkan tanaman dan mempertahankan kehidupan.

“Penelitian ini menunjukkan ada prinsip ilmiah yang menjelaskan mengapa hewan dan pohon besar begitu penting untuk menyokong kehidupan di Bumi,” kata Brian Enquist, peneliti dari University of Arizona.

Lantas, mengapa keberadaan hewan besar ini begitu penting?

Dalam kehidupan, hewan besar berfungsi sebagai pembawa nutrisi.
Hewan besar seperti gajah dan badak akan mengangkut nutrisi dan tak jarang juga memindahkannya dari daerah kaya nutrisi ke bagian lain yang kurang subur.

Begitu juga pepohonan besar yang merupakan tanaman paling produktif, mengandung lebih banyak nutrisi serta karbon.

Sayangnya, mahluk-mahluk raksasa ini lebih rentan terhadap tekanan manusia dan perubahan iklim. Butuh waktu lebih lama untuk memulihkannya, membuat mereka lebih cepat berhadapan dengan kepunahan.

Berdasarkan catatan, dalam beberapa ribu tahun terakhir, mahluk-mahluk itu hilang dan terus berlanjut hingga hari ini.

Tim peneliti berharap studi ini dapat digunakan sumber dalam program konservasi. Utamanya untuk memulihkan populasi hewan besar, seperti gajah dan badak yang terancam punah. (bel/may)