AQUA Keboncandi dan OPA PATAS Lakukan Aksi Nyata Peduli Sampah

661
DISKUSI LINGKUNGAN: Para pemateri dan panitia usai berdiskusi membahas penanganan sampah dan lingkungan.
Diawali Diskusi Lingkungan, Selanjutnya GOBES Bersama

Pasuruan (Wartabromo.com) – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 menjadi momen untuk melakukan aksi nyata. Di Kota Pasuruan, aksi nyata itu diwujudkan dengan kegiatan GOwes BErsih Sampah (GOBES). Gowes bersama ini rutin dilakukan Organisasi Pecinta Alam Pasuruan Tanpa Batas (OPA PATAS).

Kegiatan seremonial ini hampir setiap tahun digelar. Dan pada Minggu (16/2) kemarin adalah kegiatan pada tahun ke-4. Acara ini juga didukung penuh oleh AQUA Keboncandi serta beberapa perusahaan lainnya. Support tersebut menjadikan kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan sukses.

Pada tahun ini kegiatan diawali dengan diskusi lingkungan yang digelar Sabtu (15/2). Diskusi ini menghadirkan pemateri diskusi Sanggar Hijau Indonesia, DLHKP, BAPPEDA, DINKES Kota Pasuruan, dan Dinas P & K Kota Pasuruan.

OPA PATAS: Hari Wicaksono (duduk tengah dua dari kiri) bersama Organisasi Pecinta Alam Pasuruan Tanpa Batas saat memperingati HPSN 2020 di Kota Pasuruan.

Tema yang diangkat adalah “Merubah Perilaku Membuang Sampah Sembarangan Menuju SDM Unggul untuk Indonesia Maju”. Harapannya dengan diskusi bersama para pihak terkait selaku sektor penggerak dari pemerintahan menjadikan masyarakat lebih sadar akan kebersihan lingkungan.

Kemudian pada Minggu (16/2) dilakukan aksi nyata GOwes BErsih Sampah (GOBES). Titik lokasi aksi berada di Alun-Alun Kota Pasuruan dan sekitarnya. Para peserta kemudian menggelar aksi long march di sepanjang Jl. Pahlawan Kota Pasuruan. Kampanye ini sekaligus sebagai kegiatan edukasi pengelolaan sampah. Bahkan, yang menarik aksi ini disampaikan secara teatrikal oleh grup Teater Pasuruan.

Aksi ini melibatkan sekitar 450 relawan. Dari aksi itu, terkumpul 15 Kg sampah. Dengan komposisi mayoritas terbesar adalah sampah kantong plastik.

Ketua pelaksana aksi, Sandhy Pratama Putra menyampaikan dengan kegiatan tersebut diharapkan masyarakat luas, khususnya Kota Pasuruan dan lingkungan sekitarnya menjadi sadar akan bahaya dan dampak negatif jika sampah dibuang sembarangan.

“Maka dari itu perlu upaya nyata bersama seluruh pihak terkait untuk lebih peduli mengenai pengelolaan sampah dengan baik,” tegas Sandhy.

Sementara itu, Hari Wicaksono, SR Manager PT. Tirta Investama – AQUA Keboncandi menegaskan kegiatan nyata GOBES yang telah dilaksanakan tentunya sangat bermanfaat untuk mengajak berbagai komponen masyarakat agar peduli terhadap pengelolaan sampah.

“Kami percaya bahwa sampah kemasan plastik bisa menjadi bahan baku jika didaur ulang. Untuk itu kami terus mendorong ke model ekonomi sirkular,” tegas Hari.

Danone-AQUA telah meneguhkan komitmennya dalam gerakan #BijakBerplastik. Gerakan ini untuk membantu mengatasi permasalahan sampah plastik dengan mengumpulkan lebih banyak sampah dari yang kami gunakan, edukasi publik dan inovasi.

Ambisi ini hanya dapat terwujud jika seluruh pemangku kepentingan terlibat secara aktif. Mulai dari pemerintah, produsen, LSM, media hingga konsumen.

Melalui aksi OPA PATAS dan Danone-AQUA, semoga dapat menginspirasi, mengedukasi dan membuat publik sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena beragam jenis sampah plastik, khususnya botol masih memiliki nilai ekonomis dan dapat diolah kembali. (day/*)