Banjir Rendam 4 Desa di Kecamatan Winongan

447

Winongan (WartaBromo.com) – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pasuruan pada pada Selasa (18/02/2020) sore, menyebabkan sungai Rejoso meluap. Akibatnya sejumlah desa di Kecamatan Winongan terendam banjir.

Informasi yang dihimpun oleh WartaBromo.com, ada empat desa yang terendam banjir di Kecamatan Winongan. Di antaranya Desa Prodo, Desa Winongan Lor, Desa Winongan Kidul, dan Desa Bandaran.

Idrus, salah satu warga Winongan, menerangkan sore hari sungai rejoso yang mengalir di Kecamatan Winongan meluap, dan mulai masuk ke perkampungan sekitar pukul 19.00 WIB.

Di Desa Prodo, berdasar gambar-gambar yang diperoleh WartaBromo, air sudah masuk ke rumah-rumah warga dengan ketinggian banjir hingga mencapai lutut orang dewasa.

“Sudah meluber ke jalan raya juga,” ujar Idrus.

Terpisah, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Tectona Jati mengonfirmasi adanya banjir di Kecamatan Winongan.

Selain itu, berdasar pantauan BPBD di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling juga terdapat genangan air akibat luapan sungai Lawean. Pihak BPBD sejak sore tadi memantau air kiriman dari wilayah Kecamatan Lumbang dan kini tengah memantau aliran sungai Rejoso di Desa Kedawung Kulon.

“Tepat jam 21.00 tadi air di Kecamatan Winongan mulai surut,” ujar Tecto. (tof/ono)