Dinkes Kota Pasuruan Galang Donor Darah

411

Pasuruan (Wartabromo.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan bekerjasama dengan PMI Kota Pasuruan galang donor darah. Ada 100 kantong darah menampung darah dari pendonor.

Dibuka sejak 08.00 WIB, para peserta donor dalam rangkaian hari jadi ke-334 Kota Pasuruan ini, sudah memadati Ruang Rapat Untung Suropati, Selasa (18/2/2020).

Ya, ruangan lantai 2 Gedung Wali Kota Pasuruan yang biasa digunakan rapat, hari ini disulap bak ruang kesehatan. Berbagai peralatan medis untuk donor mulai dari kantong darah, tensimeter, jarum, hingga velbed ada dalam ruangan.

Sebanyak 100 kantong disiapkan Dinkes dan PMI Kota Pasuruan. Ratusan peserta itu terdiri dari jajaran ASN yang bekerja di Lingkungan Pemkot Pasuruan, TNI, Polri dan masyarakat umum. Mereka dengan sukarela mendonorkan darahnya bagi yang membutuhkan.

Sekadar diketahui, donor darah memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Donor darah dapat mengurangi risiko kanker, hemochromatosis (penumpukan zat besi dalam tubuh), juga menekan kerusakan hati dan pankreas. Selain itu, donor darah juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi obesitas. (bel/*)