Punya Earphone True Wireless Stereo? Begini Cara Bersihkannya

607

Pasuruan (Wartabromo.com) – Siapa yang tak mengenal True Wireless Stereo (TWS). Perangkat earbuds atau earphone nirkabel satu ini, sekarang banyak dicari karena praktis.

Sekadar diketahui, TWS merupakan inovasi terbaru dalam teknologi speaker Bluetooth. Perangkat ini memungkinkan untuk mencapai suara berkualitas stereo untuk apa pun yang dimainkan.

Sistem kerjanya, TWS terhubung ke speaker utama melalui smartphone, laptop, atau perangkat lain. Speaker utama ini kemudian dihubungkan ke speaker slave melalui koneksi Bluetooth.

Nah supaya lebih awet, earphone nirkabel perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Ketika akan membersihkan earphone TWS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan koneksi TWS dengan gawai non aktif. Barulah cek seperti apa kotoran yang ada pada TWS. Itu dilakukan untuk menentukan cara membersihkan yang bagaimana yang sesuai.

Kedua, hindari merendam perangkat satu ini dengan cairan apapun. Ini menjadi catatan yang wajib diperhatikan

Sebaikya, bersihkan earphone nirkabel dengan kain lembut yang telah diberi alkohol, atau sedikit sabun dan air. Ingat, hanya diusapkan saja, jangan direndam.

Selain menggunakan kain lembut, sikat gigi juga bisa mejadi pilihan. Caranya, cukup menyikat dengan lembut dengan gerakan melingkar dan tidak menekan terlalu keras. Pasalnya, risiko kotoran yang masuk ke dalam speaker akan lebih tinggi dan makin susah dibersihkan.

Ketiga, pastikan speaker pada earphone tidak terkena cairan. Kalaupun terkena cairan, bersihkan menggunakan cottonbuds atau kapas yang kering.

Keempat, perhatikan jenis TWS yang dicuci. Apabila earphone tidak memiliki eartips (bantalan silikon yang masuk ke telinga), hindari penggunaan sabun, sampo, atau bahan pembersih lainnya. Cukup usap dengan kain lembut yang bersih.

Nah, jika pada earphone terdapat eartips perhatikan langkah berikut.

1. Lepaskan eartips dari earphone. Eartips biasanya terbuat dari busa kecil ataupun silikon. Fungsinya menyangga earphone masuk dalam telinga dan menjaga suara agar tetap kedap.

2. Masukkan air hangat ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes sabun tangan atau detergen cair. Selanjutnya, masukkan kain mikrofiber ke dalam mangkuk tersebut.

3. Peras kain hingga tidak ada air lagi yang menetes dan bersihkan eartips menggunakan kain itu.

4 Setelah eartips bersih, letakkan di tempat kering selama kurang lebih satu samp dua jam. Nanti seetelah kering, masukkan kembali ke dalam tempatnya.

Mudah kan? (bel/may)