Komplek Pemkab Raci-Polsek Beji Ikut Tergenang

1321
JADI "RAWA": Halaman komplek perkantoran Pemkab di Raci tergenang banjir, Rabu (26/02/2020). Foto:istimewa.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hujan lebat yang mengguyur Pasuruan, Rabu (26/02/2020) menyebabkan sejumlah wilayah dilanda banjir.

Tak hanya di Kota Pasuruan. Di Kabupaten, banjir banjir bahkan mengakibatkan kompleks perkantoran Pemkab di Raci ikut tergenang.

Halaman parkir yang biasa penuh oleh kendaraan mendadak burubah laiknya telaga. Ketinggian air diperkirakan mencapai 15-30 sentimeter. Cukup untuk merendam bagian bawah kendaraan.

Sejauh ini belum ada penjelasan dari pihak terkait atas kejadian ini. Akan tetapi, sebagai catatan, peristiwa yang berlangsung pada Rabu (26/02/2020) sore itu bukan pertama kali terjadi.

Sebelumnya, pemandangan yang sama terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah setempat setahun silam. Kala itu, buruknya sistem drainase di kompleks perkantoran Raci disebut sebagai penyebabnya.

Sementara itu, selain kompleks perkantoran Raci, banjir juga sempat menyebabkan Mapolsek Beji ikut tergenang. Genangan diduga berasal dari aliran sungai di depan Mapolsek yang tak mampu menampung debit air.

“Dulu bekas rawa-rawa, jadi air mudah masuk apalagi saat curah hujan tinggi,” ungkap Brigadir Baskoro, anggota polsek setempat saat ditemui di lokasi.

Untuk menghindari banjir yang lebih parah, pihaknya menyediakan mesin pompa untuk menyedot air. “Sudah surut, tadi disedot menggunakan pompa diesel,” ujarnya. (nul/asd)