Mengkudu Obat Herbal Ajaib? Ternyata Ini Efek Sampingnya

9182

Pasuruan (Wartabromo.com) – Buah mengkudu terkenal dengan khasiatnya bagi kesehatan. Tapi, siapa sangka konsumsi mengkudu ternyata ada efek sampingnya.

Merangkum beberapa sumber, efek samping ini akan timbul saat diolah dalam bentuk teh atau jus. Mau tau apa saja efek samping mengkudu yang belum banyak diketahui?

Mengkudu mengandung banyak kalium. Hal ini menyebabkan peningkatan potasium yang berbahaya.

Mengkonsumsinya secara terus menerus dalam jangka waktu 2 minggu dapat menimbulkan masalah ginjal dan hati. Tak hanya itu bagi yang sedang menggunakan obat pengencer darah ataupun permasalahan darah lainnya, juga harap membuang keinginan untuk mengkonsumsi mengkudu.

Bagi ibu hamil, mengkudu juga tak disarankan untuk dikonsumsi. Pasalnya, selain nanas muda mengkudu juga dapat menggugurkan kandungan. Jika ingin mengkonsumsi, sebaiknya tak berlebihan. Konsumsi mengkudu juga dapat mempengaruhi kualitas ASI.

Sekadar diketahui, buah mengkudu berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik hitam, serta rasa yang pahit. Biasanya mengkudu diolah menjadi jus dengan kadar gula rendah.

Meskipun rasanya pahit, buah mengkudu dipercaya memiliki banyak manfaat. Mulai dari obat sakit perut, batuk, diabetes, demam, hingga radang sendi.

Jadi, meskipun obat herbal, tetap gunakan mengkudu dengan dosis yang dianjurkan. (bel/may)