Distribusi Bantuan Banjir di Pasuruan Masih Belum Merata

809
Warga Kebrukan terjang banjir untuk pergi ke sawah. Foto : Akhmad Romadoni.

Grati (WartaBromo.com) – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Pasuruan hingga saat ini tercatat masih terendam banjir. Bantuan yang dikirim pemerintah pun baru menjangkau Kecamatan Winongan dan Desa Kedawung Kulon, Grati, Kabupaten Pasuruan.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tectona Jati mengungkapkan bantuan sudah meluncur di Kecamatan Winongan dan di Desa Kedawung Kulon, Grati, Kabupaten Pasuruan.

Di Kecamatan Winongan, BPBD dan PMI sudah mendirikan dapur umum untuk warga. Nasi bungkus pun telah terdistribusikan di empat desa di Kecamatan Winongan.

Begitu pula di Desa Kedawung Kulon yang juga sudah memiliki dapun umum. Namun demikian, di Desa Kedawung Kulon distribusi bantuan masih belum merata. Salah satu dusun di Desa Kedawung Kulon, Dusun Kebrukan, masih belum memperoleh bantuan.

“Masih belum dapat sejak tadi malam,” ujar Wijianto, warga Kebrukan.

Sementara itu, ketinggian di Dusun Kebrukan mencapai pinggang orang dewasa. Warga tampak tidak bisa melakukan aktivitas apapun akibat banjir ini.

Rencananya pagi ini BPBD dan Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron akan turun ke Dusun Kebrukan untuk mendistribusikan langsung bantuan kepada warga.

“Pagi ini kami ke Kebrukan sama Pak Wabup juga,” ujar Tecto.

Diketahui, hujan yang mengguyur Kabupaten Pasuruan kemarin mengakibatkan 4 kecamatan di Kabupaten Pasuruan terendam banjir. Keempat kecamatan itu antara lain Kecamatan Beji, Kecamatan Grati, Kecamatan Rejoso, dan Kecamatan Winongan.

Selain di Kabupaten Pasuruan, sejumlah titik di Kota Pasuruan juga sempat terendam banjir. Namun, menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pasuruan, banjir di Kota Pasuruan sudah surut pada tengah malam. (tof/may)