Wow! Ada Asteroid Baru Mengorbit Bumi

714

Pasuruan (Wartabromo.com) – Asteroid baru, ditemukan mengorbit bumi. Temuan asteroid yang mengorbit bumi ini merupakan yang kedua.

Mengutip kompas, asteroid tersebut diberi nama 2020 CD3. Asteroid satu iniditemukan oleh Kacper Wierzchos dan Theodore Pruyne, peneliti dari Catalina Sky Survey (CSS).

Mulanya, Near-Earth Object Observation Program melaporkan kepada Planetary Defense Coordination Office milik NASA ada objek tak dikenal di sekitar bumi. Laporan itupun ditindaklanjuti dengan melakukan identifikasi.

Objek tersebut awalnya disinyalir dapat membahayakan bumi. Tapi ternyata, ditemukan sebuah objek yang berpotensi menjadi “bulan mini” mengorbit Bumi.

Objek itu diketahui berdiameter 1,9-3,5 meter. Diperkirakan, tertarik ke dalam orbit bumi sekitar dua sampai tiga tahun lalu.

Asteroid 2020 CD3 diperkirakan berputar mengelilingi bumi sampai April sebelum kembali ke orbit heliosentris (orbit yang menjadikan matahari sebagai pusat tata surya).

Menurut Pruyne, benda kecil seperti 2020 CD3 sering tertarik mendekati Bumi.

“Ini terjadi ketika posisi Bumi cukup dekat dengan asteroid yang berada di orbit matahari,” ujar Pruyne.

Dijelaskan kemudian, dalam posisi dekat, gravitasi bumi akan menarik objek tersebut dan mengubah orbitnya. Tapi, tidak semua obyek langit tertarik ke dalam orbit Bumi.

Sekadar diketahui, CSS menemukan asteroid pertama yang mengorbit bumi pada September 2006. Asteroid itu diberi nama 2006 RH120 dan dikenal sebagai Temporarily Captured Object (TCO) di kalangan para astronom. (bel/may)