Bau Badan? Usir dengan Cara Berikut!

1725

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bau ketiak menyengat tentu menyebabkan situasi tak menyenangkan. Apalagi dalam beberapa kasus, bau itu dapat mengganggu orang sekitar.

Iyuh!

Merangkum beberapa sumber, bau tak sedap pada badan ditimbulkan oleh bakteri yang ada pada keringat. Keringat, dihasilkan oleh dua kelenjar yakni kelenjar accrine dan kelenjar aprokin.

Nah untuk mengurangi bau ketiak, biasanya menggunakan deodorant. Tapi tak sedikit pula yang harus memutar otak karena parfum dan deodorant tak mempan.

Maka dari itu, tak ada salahnya ikuti beberapa tips berikut.

1. Rajin mandi

Bagi yang mudah berkeringat di bagian ketiak, ada baiknya rajin mandi. Paling tidak, sehari sekali. Dengan mandi, keringat akan ikut mengalir bersama air dan membantu mengguyur beberapa bakteri di kulit.

Baca Juga :   RSUD dr. Moh. Saleh Miliki Alat Penyaring Plasma Darah Covid-19

Saat mandi, cucilah dengan benar, utamanya di daerah yang cenderung berkeringat seperti ketiak. Gunakanlah sabun antibakteri. Hal itu dapat membantu menyingkirkan bakteri membandel, khususnya di bagian ketiak.

2. Keringkan badan dengan benar

Selepas mandi, pastikan menggunakan handuk untuk mengeringkan badan. Keringkan tubuh dengan benar. Jangan sampai melewatkan lipatan-lipatan badan dan bagian tubuh yang mudah berkeringat. Jika kulit kering, maka semakin sulit bagi bakteri untuk menyebabkan bau di area-area tertentu.

3. Pakai antiperspirant yang kuat

Sebelum menggunakan pakaian, aplikasikan antiperspirant kuat di area ketiak yang sudah bersih dan kering. Antiperspirant ini biasanya memiliki kandungan aluminum chloride, salah satu senyawa kimia yang dapat mengurangi keringat berlebih. Gunakan dua kali sehari, saat pagi dan malam hari.

Baca Juga :   Buntut Jemput Paksa Jenazah Covid-19, Belasan Warga Kalibuntu Diswab

4. Gunakan pakaian bersih

Mandi pakai sabun antibakteri, sudah. Mengeringkan badan, sudah. Menggunakan antiperspirant juga sudah. Sekarang saatnya memilih pakaian. Pilihlah pakaian yang bersih dan baru disetrika. Itu juga dapat membantu mengurangi bau badan. Jangan lupa, sering sering mengganti pakaian saat keringat berlebih.

5. Kurangi makanan dan minuman tertentu

Ternyata, makanan atau minuman mempengaruhi bau badan lho. Cabai misalnya. Saat makan cabai, badan pasti cenderung lebih mudah berkeringat. Itulah yang menyebabkan badan jadi mudah bau.

Selain makanan pedas, minuman kafein dan alkohol bisa membuat badan berkeringat makin banyak. Tentu saja, risiko bau badan juga makin tinggi.

Selain makanan dan minuman di atas, hindari makanan berbau tajam seperti bawang bombay dan bawang putih. Pasalnya, aroma menyengatnya dapat terbawa di keringat dan menimbulkan aroma tak sedap.

Baca Juga :   Ikuti Rapid Massal Didapati Reaktif, Warga Kecamatan Purworejo Kini Positif Covid-19

Mau coba? (bel/may)