Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona, RSUD Bangil Belum Siapkan Ruang Isolasi Khusus

2533
Gedung IGD RSUD Bangil setinggi lima tingkat tengah dibangun. WARTABROMO/Harjo Suwon

Pasuruan (WartaBromo.com) – RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan pasien infeksi corona oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Sejumlah hal coba dilakukan, meski ruang isolasi khusus corona sampai saat ini belum akan dipersiapkan.

Humas RSUD Bangil, Hayat menjelaskan, sementara rumah sakit masih akan melakukan penanganan medis secara umum seandainya ada pasien yang mengalami gejala-gejala yang diduga terpapar corona.

“Karena gejalanya kan mirip-mirip bronkitis,” ujarnya.

Jika butuh ruang isolasi pihak rumah sakit sementara masih akan menggunakan ruang isolasi umum. Sedangkan untuk tim medis, dokter emergency yang tetap akan mengambil peran.

“Sekarang dua dokter kami masih rapat di dinas kesehatan. Mungkin setelah dari dinas kesehatan, kami akan rapat untuk setting penanganan pasien corona,” imbuh Hayat.

Selain RSUD Bangil, ada 40 rumah sakit tipe B lainnya yang tersebar di seluruh Jawa Timur menjadi rumah sakit rujukan pasien infeksi corona. Dari jumlah itu, tiga rumah sakit tipe A sebagai rujukan utama.

Diketahui, dua warga Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu diberitakan positif terpapar corona. Kedua pasien itu saat ini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, dan kondisi keduanya secara medis berangsur membaik.