4 Fenomena Langit Bulan Maret Ini Dapat Dilihat dengan Mata Telanjang

4688

Pasuruan (Wartabromo.com) – Angkasa menyimpan berbagai fenomena yang selalu menarik untuk disaksikan. Apalagi jika fenomena itu dapat dilihat dengan mata telanjang.

Fenomena langit yang dapat disaksikan dengan mata telanjang itu diantaranya terjadi di bulan Maret 2020. Mengutip kompas, ada 4 peristiwa langit yang bakal terjadi.

1. Supermoon

Peristiwa ini juga dikenal dengan purnama perigean. Pasalnya, peristiwa ini terjadi saat Bulan purnama bertepatan dengan Bulan menempati titik perigee.

Sekadar diketahui, titik perigee adalah titik terdekat ke Bumi dalam orbit Bulan dengan jarak 357.100 kilometer. Nah, Supermoon ini dapat disaksikan Selasa (10/3/2020) malam.

2. Konjugsi Bulan dengan Mars dan Jupiter

Selanjutnya, ada peristiwa Konjugsi Bulan dengan Mars dan Jupiter yang bakal terjadi Rabu (18/3/2020). Pada peristiwa satu ini, Bulan akan nampak berdekatan dengan Mars dan Jupiter. Fenomena ini mudah diamati hingga jelang waktu subuh.

3. Ekuinoks

Dua hari setelah Konjungsi Bulan dengan Mars dan Jupiter, akan terjadi fenomena Ekuinoks. Ekuinoks terjadi saat Matahari berkedudukan tepat di atas garis khatulistiwa.

Posisi Matahari yang seperti demikian, membuat durasi siang hari akan sama persis dengan durasi malam hari. Fenomena ini pun akan terjadi di seluruh penjuru permukaan Bumi.

4. Konjungsi Bulan dengan Venus

Selain dengan Mars dan Jupiter, bulan Maret ini, juga bakal terjadi Konjungsi Bulan dengan Venus. Bulan sabit akan berdampingan dengan Venus dengan jarak sudut atau elongasi kurang dari 7 derajat. Peristiwa ini akan terjadi pasca Matahari terbenam, Sabtu (28/3/2020).

Tertarik untuk mengamati? (bel/may)