Ini Deretan Kota di Indonesia Berjuluk “Istana Makhluk Gaib”

7146

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bukan rahasia lagi, jika Indonesia negara kepulauan dengan beragam budayanya. Dari sekian banyak daerah di Indonesia, banyak wilayah yang terkenal dengan kedan mistisnya.

Tapi, apakah bolo tahu kalau di Indonesia ada daerah yang dikenal dengan sebutan kota jin. Bahkan, ada yang menyebut istana makhluk gaib.

Merangkum beberapa sumber, ada 3 kota yang disinyalir berpenghuni makhluk astral. Dimana saja kota-kota yang dimaksud?

1. Wentira

Kota modern ‘milik’ mahluk halus ini terletak di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah. Letaknya berada tepat di tengah kebun kopi.

Bagi masyarakat Sulawesi, pengalaman mistis di kota ini bukan hal baru. Konon, Wentira merupakan kerajaan jin terbesar. Itu lantaran, Kota ini dipercaya memiliki 7 panglima perang yang mampu menutupi seluruh kepulauan di Indonesia.

Baca Juga :   Tak Cuma Bisa Menghidupkan Orang Mati, Ternyata Ini Mitos Lain Kucing Hitam

Berdasarkan cerita, sosok makhluk astral itu mulai bisa dirasakan saat memasuki tugu berwarna kuning. Tugu kuning inilah yang dipercaya masyarakat sebagai jalan utama menuju Kota Gaib.

Tak sampai disitu saja, kehidupan di Wentira disebut-sebut sangatlah modern bak kerajaan dengan bangunan yang dilapisi emas. Manusia di kota ini tidak seperti pada umumnya. Pasalnya, mereka tidak mempunyai garis tengah di bibir.

2. Saranjana

Saranjana merupakan kota gaib di Kalimantan. Apabila bolo ingin mencarinya di google maps, jangan harap menemukan Kota Saranjana. Pasalnya, tak seorangpun mengetahui secara pasti keberadaan kota tersebut. Namun satu yang pasti, Saranjana berada di pulau Halimun atau sering disebut Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru.

Baca Juga :   Duh! Beberapa Air Terjun di Jatim Ini Terkenal Angker

Beberapa kisah menceritakan, Saranjana adalah daerah yang sangat modern dengan jalan besar, rumah-rumah mewah, dilengkapi tingginya pagar rumah. Penghuninya pun berwajah cantik dan tampan. Buah-buahan juga tumbuh subur dan besar-besar tidak seperti pada umumnya.

Meski menarik, konon, jika seseorang masuk kota ini, tak akan kembali alam nyata karena terpesona dengan keindahan ‘kota gaib’ ini.

Semua rumor yang beredar tentang Saranjana hanya cerita dari mulut ke mulut tanpa bukti riset. Tapi, pernah suatu ketika di tahun 1980, pemerintah setempat dikejutkan oleh kedatangan alat-alat berat dari Jakarta.

Alat-alat tersebut sangat mahal dan dipesan oleh seseorang dengan mencantumkan alamat Kota Saranjana dan sudah dibayar lunas. Sayangnya, kota Saranjana secara administratif tak ada di Kabupaten Kotabaru.

Baca Juga :   Mitos Gerhana Bulan Menurut Masyarakat Jawa

Merinding euy!

3. Padang 12

Selanjutnya, Padang 12. Disebut demikian, karena luas daerahnya 12 kmĀ². Letaknya di lahan kosong yang dipenuhi pasir, di sekelilingnya terdapat Pohon Pinus. Kota ini dipercaya berada di Ketapang, Kalimantan Barat.

Berdasarkan cerita, para penghuni tak kasat mata di Padang 12 sering muncul dan berinteraksi dengan penduduk. Kunyit yang dapat berubah jadi emas menjadi media interaksi. Konon, hanya orang berhati bersihlah yang ditemui penghuni Padang 12.

Serem juga ya? (bel/may)