Tumpukan Sampah di Terminal Pandaan Bikin Resah

641

Pandaan (WartaBromo.com) – Sampah menumpuk, tak terurus di sebagian sudut terminal Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kondisi itu, membuat resah hingga warga minta pihak terkait segera menanganinya.

Tumpukan sampah tersebut di antaranya berada di bagian belakang sisi dalam terminal termasuk di kawasan Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan tersebut.

Terlihat ragam sampah unorganik seperti bekas pembungkus plastik, daun kering berikut sampah organik lainnya menumpuk, berserakan di samping sebuah bangunan yang terlihat sudah mulai rusak.

Salah seorang warga, sekaligus pedagang di terminal Pandaan mengungkapkan, kondisi kotor itu sudah sangat meresahkan, berlangsung setidaknya sudah setengah tahun terakhir.

“Kami sudah lapor ke kepala terminal. Kapan hari juga ke (petugas) DLH yang kebetulan datang,” ujar FY, salah satu pedagang di terminal Pandaan, Kamis (19/3/2020).

Meski demikian, aduan soal sampah itu tetap saja tak mendapatkan perhatian. Padahal, selain mengotori, tumpukan sampah dengan volume cukup banyak itu juga menimbulkan bau tak sedap.

“Mohon lah, ini kan juga lagi musim corona. Mohon perhatiannya, untuk segera dibersihkan” pintanya.

Menurutnya, masalah kebersihan di fasilitas umum, seperti terminal ini, seharusnya menjadi prioritas. Mutlak dilakukan, karena menyangkut kesehatan dan kenyamanan banyak orang.

“Kebersihan itu kan demi kenyamanan pengunjung juga. Ya semua lah, saya kira maunya bersih,” tandasnya.

Sampai saat ini, penjelasan terkait sebab hingga sampah menumpuk di sekitar terminal Pandaan itu, belum didapatkan. (ono/ono)