Pemerintah Sudah Pesan Obat Corona

1131

Jakarta (Wartabromo.com) – Upaya penyembuhan pasien terjangkiti virus corona (Covid-19) tengah gencar dilakukan. Obat hasil riset beberapa negara mulai dipesan Pemerintah Indonesia.

Hal itu disampaikan secara resmi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Kita telah mendatangkan 5.000 dan dalam proses pemesanan 2 juta,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi, dinukil dari beberapa sumber.

Pemesanan obat itu dilakukan lantaran belum tersedianya antivirus. Obat yang dimaksud adalah Avigan. Avigan sendiri telah digunakan 3 negara dan diyakini telah mendapatkan kesembuhan.

Selain Avigan, pemerintah juga menyiapkan obat Chloroquine yang jumlahnya lebih banyak, yakni 3 juta. Chloroquine ini nantinya akan diberikan kepada pasien positif Covid-19.

Tak sampai di situ, pemerintah telah memulai rapid test di sejumlah wilayah yang sempat terjadi kontak dengan pasien positif. Nantinya, rapid test akan dilakukan door to door.

Baca Juga :   AMPG Ikut Peduli Pencegahan Covid-19

Berikut kalimat lengkap Presiden Jokowi pada akun Facebook resmi yang dimilikinya:

Sesuai hasil riset dan pengalaman beberapa negara yang menggunakan jenis obat tertentu untuk mengatasi Covid-19 ini, pemerintah telah memesan dua juta Avigan dan menyiapkan tiga juta Chloroquine yang akan diresepkan oleh dokter apabila diperlukan.

Obat-obatan tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi.

Saya pun sudah meminta kepada BUMN farmasi untuk memperbanyak produksi obat ini.

(bel/ono)