Seberapa Bahaya Corona?

12350

Pasuruan (Wartabromo.com) – Setiap hari, kasus terkait coronavirus disease (Covid-19) terus meningkat. Hal ini menimbulkan pertanyaan terkait bahaya Covid-19

Sebenarnya, seberapa bahaya sih virus Corona?

Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI dalam dokumen yang diunggah di laman resmi kemkes.go.id, menjelaskan, Covid-19 menyebabkan gejala ringan layaknya penyakit pernapasan pada umumnya. Gejala yang dimaksud antara lain batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan demam.

Data WHO menyebutkan, sebanyak 80% kasus dapat pulih tanpa perlu perawatan khusus. Namun, 1 dari 6 orang mungkin akan sakit parah disertai pneumonia yang muncul secara bertahap.

Dalam catatan Kemkes RI, angka kematian Covid-19 masih rendah (sekitar 3%). Namun, bagi orang yang berusia lanjut, memiliki riwayat gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan diabetes lebih rentan untuk menjadi penyakit serius. Penyakit akibat infeksi Covid-19 disebut masih ringan untuk anak-anak dan dewasa muda.

Baca Juga :   Pejabat Publik Kota Pasuruan Jalani Vaksinasi Kedua

Lantas, seberapa besar kemungkinan tertular Covid-19?

Risiko tersebut tergantung di mana orang tersebut beraktivitas. Terlebih, apakah di wilayah episentrum corona atau tidak. Bagi yang tinggal, atau sedang berkunjung ke wilayah episentrum corona risiko tertular lebih tinggi.

Maka dari itu, pastikan mematuhi aturan terkait pembatasan perjalanan, pergerakan atau pertemuan besar. Dengan begitu, risiko tertular corona dapat dikendalikan. (bel/ono)