Seluruh Kota Pasuruan Hari Ini Disemprot Disinfektan

3670

Pasuruan (WartaBromo.com) – Merebaknya Covid-19 di Indonesia menuntut pemerintah segera melakukan tindakan preventif. Hari ini, Kamis (26/03/2020), Pemkot Pasuruan bersama TNI dan Polri menyemprot disenfektan ke semua kecamatan di Kota Pasuruan.

Seluruh tempat di Kota Pasuruan dari permukiman warga, pertokoan, pasar, ruang publik, hingga jalan raya menjadi sasaran penyemprotan disinfektan.

Pagi tadi, tim di antaranya sudah menyemprotkan disinfektan di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jalan Alun-alun Utara, Kota Pasuruan. Kemudian setelah dari Kantor PWI dilanjutkan ke Kelurahan Bugul Lor dan Bugul Kidul.

Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo mengatakan, kegiatan ini dilakukan serentak se-Indonesia dalam 3 hari ke depan yakni tanggal 26, 27, dan 28.

“Saya berharap, tindakan preventif ini tidak hanya bisa dilakukan oleh TNI, Pemkot, dan Polri. Tapi juga perlu peran aktif masyarakat,” ujar Teno.

Untuk jalan raya, menurut Teno, tim akan menggunakan mobil water canon polisi dan mobil penyemprot dari BPBD. Selain itu ia juga mengerahkan jajaran Muspika untuk terlibat dalam penyemprotan disinfektan ini di wilayahnya masing-masing.

Sekadar diketahui, hingga hari ini di Kota Pasuruan tidak ada satu warga yang positif terpapar Covid-19. Berdasar data dari Pemprov Jatim per tanggal 25 Maret 2020, di Kota Pasuruan terdapat 14 warga yang berstatus sebagai Orang dalam Pantauan (ODP).

Namun demikian seseorang yang disebut ODP belum tentu terpapar virus corona. Ia hanya mengalami pilek, batuk, demam, dan gejala lain yang mirip gejala awal Covid-19, yang bisa jadi hanya flu atau demam biasa. (tof/may)