Pasuruan-Probolinggo Berpotensi Hujan Disertai Petir dan Angin, Ini Daftar Sebarannya

1556

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sampaikan peringatan dini cuaca di Jawa Timur. Hujan disertai petir, diprakirakan terjadi di sejumlah kecamatan wilayah Pasuruan hingga Probolinggo.

Update peringatan dini cuaca Jawa Timur per 09 April 2020 tersebut dicatat bisa terjadi pada pukul 13:50 WIB, yang mengungkapkan potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hujan ini diperkirakan juga dapat disertai kilat/petir, bahkan angin kencang pada pukul 14:20 WIB.

Merujuk data rekaman BMKG, kondisi itu bisa terjadi di wilayah Pasuruan (Tosari, Puspo, Lumbang); Probolinggo (Pakuniran, Kotaanyar, Maron, Gading).

Selain itu kondisi hujan lebat juga diprakirakan pada wilayah Situbondo (Jatibanteng, Sumbermalang); Jember (Sumbersari); serta Malang (Jabung, Kasembon).

Malah daerah Ponorogo (Sambit); Nganjuk (Sawahan);
Jombang (Wonosalam); hingga Mojokerto (Jatirejo, Trawas), tak luput hujan disertai petir dan angin kencang.

Cuaca cukup ekstrem itu dari perhitungan BMKG dapat meluas ke wilayah lain.

Di antara yang bakal disusuli hujan lebat juga bisa di wilayah Pasuruan, yakni Kecamatan Kejayan, Pasrepan, Tutur, Purwodadi, bahkan Kecamatan Winongan.
Lalu Kecamatan Grati, Nguling, Gondang Wetan, Rejoso, Lekok, Kraton, Wonorejo, Purwosari, Prigen, sampai Kecamatan Gempol.

Sedangkan Kota Pasuruan juga dapat diguyur hujan dengan intensitas tinggi di empat kecamatan yang ada.

Tak ketinggalan hujan akan menyebar ke Probolinggo di kecamatan lain, di antaranya Paiton, Krejengan, Krucil, Tiris, Banyu Anyar, serta Kecamatan Tegal Siwalan, Gending. Kemudian Kecamatan Kraksaan, Pajarakan, Besuk, Sukapura, Sumber, Tongas, Wonomerto, sampai ke Kecamatan Kuripan.

Daerah lain yang juga terdapat hujan bersifat susulan yakni
Madiun (Gemarang, Kare); Nganjuk (Ngetos, Berbek); juga Jombang (Mojowarno, Mojoagung, Bareng, Ngoro, Gudo, Diwek, Sumobito, Jogoroto).

Selain Itu Mojokerto (Ngoro, Pacet, Pungging, Mojosari, Gondang, Kutorejo, Dlanggu, Bangsal, Puri, Trowulan, Sooko); Kota Mojokerto (seluruh kecamatan); dan Sidoarjo (Prambon, Krembung, Tarik).

Daftar hujan lebat juga diungkapkan BMKG pada wilayah Situbondo (Suboh, Besuki); Bondowoso (Wringin); Jember (Sukorambi, Arjasa, Patrang, Pakusari, Kaliwates).

Tak luput Kota Batu (Bumiaji, Batu); Malang (Singosari, Lawang, Pakis, Tumpang, Ponco Kusumo, Pujon, Ngantang); Trenggalek (Tugu, Pule).

Selanjutnya juga Ponorogo: Ngebel, Pulung, Sooko, Bungkal, Kauman, Jetis, Balong, Ngrayun, Sawoo, Mlarak); Kediri (Kandangan, Kepung, Pare, Kunjang, Puncu).

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl.16:20 WIB,” tulis Prakirawan-BMKG Surabaya.

Source: BMKG

(ono/ono)