Pemkab Pasuruan Bakal Bagi-bagi 2 Juta Masker

1885

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan bakal bagikan 2 juta masker untuk warga. Cara ini dinilai efektif memutus mata rantai penyebaran virus, selain berperilaku hidup bersih.

Saat ini, setidaknya sudah ada 3 PDP (Pasien dalam pengawasan) asal Kabupaten Pasuruan terkonfirmasi positif corona.

Dengan informasi tersebut, masyarakat seyogyanya bisa ikut meningkatkan kewaspadaan serta pemahaman akan pentingnya mengikuti anjuran pemerintah.
Salah satunya dengan memakai masker pada saat beraktivitas di luar rumah.

“Saya minta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan, Mari kita biasakan memakai masker ke mana-mana. Ini demi kesehatan dan keselamatan kita juga,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Sabtu (11/04/2020).

Pemkab Pasuruan sudah membagikan ribuan masker ke beberapa lokasi di Kabupaten Pasuruan. Jumlah ini memang belum sebanding dengan total penduduk di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   Kebakaran Pasar Sukorejo, Bara Api Awal Terlihat Ada di Belakang Kios Sepeda

Untuk itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menegaskan, secepatnya Pemkab Pasuruan bersama TNI dan POLRI akan membagikan masker dengan jumlah berkali-kali lipat dari ribuan masker yang sebelumnya sudah dibagikan.

“Kita sudah rencanakan ini, dan dalam waktu secepatnya akan kita bagikan kepada seluruh masyarakat,” kata Irsyad.

Diungkapkan, pihaknya masih menunggu kedatangan 2 juta masker, khusus diberikan kepada warga.

Sampai sejauh ini belum didapatkan penjelasan, bagaimana proses atau skema pembagiannya, sehingga masker dapat diterima sebagaimana mestinya.

Di sisi lain, banyak masyarakat yang bisa mengambil peluang usaha, memroduksi masker kain atau masker non-medis lain dengan berbagai variasi dan dalam jumlah banyak.

Menurut Irsyad, hal itu diperbolehkan, malah ikut membantu Pemerintah dalam menyosialisasikan penggunaan masker selama pandemi Covid-19. Terutama masker dengan 3 lapis sekaligus.

Baca Juga :   MUI Lumajang Terbitkan Maklumat Peniadaan Salat Jumat untuk Kecamatan Zona Merah Corona

“Masker kain 3 lapis dinilai mampu menangkal virus dari luar sebesar 70%. Nah, masker kain ini dianjurkan dipakai maksimal 4 jam. Setelah itu segera dicuci dengan sabun agar bisa dipakai lagi. Kalau tenaga medis menggunakan APD lengkap dan masker bedah atau masker N95,” terangnya.

Selain menggunakan masker, Irsyad juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa melaksanakan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) meliputi mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, konsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga, minum air putih 8 gelas sehari, dan istirahat cukup.

Masyarakat sepatutnya menerapkan social and physical distancing (jaga jarak dan menghindari keramaian), memakai masker ketika berada di luar rumah serta selalu berada di rumah (stay at home) kecuali untuk keperluan yang bersifat mendesak, seperti kebutuhan pangan dan obat-obatan. (mil/ono)

Baca Juga :   Perampok di Taman Dayu Di-Dor hingga Pengungsian Semeru Jadi Lokasi Syuting Sinetron | Koran Online 23 Des

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.