Angkat Kearifan Lokal, Ramai-ramai Pasang Padasan Depan Rumah

2717

Grati (wartabromo.com) – Berbagai cara mencegah penyebaran virus corona dilakukan. Sejumlah desa di pelosok Kabupaten Pasuruan bahkan memasang wadah plastik mirip padasan untuk cuci tangan.

Salah satu yang menggalakkannya adalah Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati. Melalui kelompok muda yang tergabung dalam Karang Taruna (Karta) Arjuna Seroja itu, Desa Ranuklindungan kini terpasang deretan tempat cuci tangan.

“Bak (wadah) ini kami tempatkan di depan-depan gang, di depan musala, dan di tempat-tempat umum desa kami. Bak ini berisi air dan ada sabunnya juga untuk mencuci tangan warga,” kata Supri, Ketua Karta, Minggu (12/4/2020).

Bila merujuk sejarah, ini merupakan tradisi lama yang kini mulai dikembangkan kembali menyusul ajakan perilaku hidup bersih hadapi corona.

Baca Juga :   Motor Curian Diserahkan ke Pemilik, Pencurinya Tetap Diburu

Diakui, cara yang ditempuh kali ini tidak sama persis dengan dahulu yang menggunakan gentong sebagai sarananya. Saat ini wadah yang dipilih untuk digunakan sebagai tempat mirip Padasan itu terbuat dari plastik atau limbah wadah cat.

Tapi menurut Supri, sebagai bagian kelompok pemuda, baginya yang utama adalah memberikan sumbangsih dengan semangat kegotongroyongan. Hal penting lainnya juga diungkapkan, langkah ini bagian dari antisipasi bersama mencegah penularan Covid-19.

“Jadi bak ini kami serahkan ke warga, nanti mereka yang setiap hari mengisi air. Agar warga ikut bertanggung jawab menanggulangi virus corona, juga biar merasa memiliki,” imbuh Supri yang tergabung dalam Heppiii Community tersebut.

Sejauh ini masyarakat sekitar menanggapi positif aksi kelompok muda yang mengajak untuk selalu berperilaku hidup bersih, dengan pendekatan mengangkat kembali kearifan lokal memasang padasan, walaupun terbuat dari wadah plastik. (ono/ono)

Baca Juga :   Pemkot Probolinggo Izinkan Salat Idul Fitri di Masjid