Jajanan Jadul Jaman SD Ini Bikin Rindu

20540

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bagi anak-anak kelahiran tahun 90-an, pasti punya kesan tersendiri bagi beberapa jajanan semasa sekolah. Pasalnya, beberapa jenis makanan tampak ikonik.

Sayangnya, keberadaan panganan itu kini mulai langka. Sedih ya?

Nah, untuk menghilangkan rasa kangen, Wartabromo telah merangkum 5 camilan khas era tahun 90an.

1. Tini Wini Biti

Tini Wini Biti, imut, enak bergizi
Masih ingat dengan jargon itu? Kalau masih ingat, pasti bacanya auto sambil nyanyi.

Sesuai dengan jargon yang dimiliki, biskuit satu ini bentuknya imut menyerupai binatang lucu. Rasanya pun beragam.

Siapa sangka, meski biskuit ini camilan jadul, sampai sekarang masih ada yang jual lho. Meskipun hanya dijual secara online, keberadaan tini wini biti dapat mengobati kerinduan akan camilan masa sekolah dulu.

2. Permen karet Yosan

Berbicara tentang permen karet Yosan, pasti teringat dengan teka-teki nya. Dulu, permen ini sangat menarik perhatian.

Pasalnya, dibalik bungkus permen karet terdapat hadiah. Hadiah itu diperuntukkan bagi siapapun yang dapat menyusun huruf Y-O-S-A-N.

Dan beberapa waktu terakhir, akhirnya ada yang berhasil mengumpulkan huruf YOSAN setelah berjuang dari jaman masih kecil. Ia pun mendapat hadiah. Wah akhirnya!

3. Mie Krip Krip

Camilan yang manis-manis sudah. Kini giliran camilan bercita rasa gurih.

Namanya mie, memang selalu memiliki banyak penggemar. Baik mie instan ataupun mie siap makan seperti Mie Krip Krip, pasti jadi idola.

Kemasannya berukuran kecil. Warna bungkusnya merah putih dan ada gambar anak laki-laki berwarna hijau, sangat khas.

Meski berukuran kecil, rasanya gurih dan nagih. Makan satu bungkus, pasti kurang. Harganya pun dulu 50 perak. Paling mhalpun hanya 100 perak.

Ada yang masih ingat?

4. Mie Anak Mas

Meskipun sama-sama mie siap makan, Mie Anak Mas berbeda dengan Krip Krip dari segi penyajian. Mie satu ini bumbunya diberikan terpisah. Jadi, sebelum dinikmati, mie diremes terlebih dahulu, kemudian tuang bumbunya. Baru deh, dikocok sampai merata.

Kemasannya cukup ikonik. Bungkusnya berwarna merah dan terdapat aksen emas dengan gambar kepala anak lelaki dan perempuan di bagian depan.

5. Es Wawan

Terkahir, beralih ke sajian seger-seger. Nama minuman satu ini adalah Es Wawan.

Es satu ini sangat populer. Berbagai varian rasa ditawarkan. Mulai dari rasa cokelat, stroberi, melon, vanilla yang mengandung susu. Ada juga yang tidak mengandung susu, yakni rasa jeruk, stroberi, anggur.

Kalau diingat, plastik pembungkus es wawan cukup unik. Dengan model plastik yang unik inilah, membuat es dapat dengan mudah dipotong menjadi 2 bagian. Jadi, saat membeli es ini, bisa patungan dengan teman. Lebih hemat kan?

Ada hal lain yang masih lekat dalam ingatan, saat menikmati es wawan. Itu adalah sensasi rasa asin yang muncul saat plastik tak sengaja terjilat. Hayo ngaku, siapa yang pernah merasakan?

Siapa yang generasi tahun 90an, cung! (bel/may)