Hari ini, Ada 2 Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

16944

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan mencatat, ada 2 warga terkonfirmasi Covid-19. Mereka terdiri dari 1 laki-laki (47), warga Kecamatan Gempol; dan 1 laki-laki (40), warga Kecamatan Rembang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan, untuk laki-laki warga Gempol berprofesi sebagai petani dan merupakan PDP (pasien dalam pengawasan) Covid-19 yang dirawat di RSUD Bangil sejak 18 April 2020 hingga hasil swab keluar pada Senin (27/04/2020) siang dengan hasil positif.

“Kebetulan pasien warga Gempol ini punya keluhan nyeri ulu hati, batuk, sakit tenggorokan, dan memiliki penyakit penyerta berupa pneumonia, dan diabetes meilitus atau kencing manis,” kata Syaifudin, di Posko Info Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Selasa (28/04/2020) sore.

Lain halnya dengan warga Rembang. Syaifudin menjelaskan warga tersebut berprofesi sebagai pekerja rumahan, dan mengaku pernah melakukan kontak erat dengan salah satu pasien positif Covid-19 di RSUD Bangil. Hanya saja, meski berstatus positif sejak hasil swab keluar pada Senin (27/04/2020) kemarin, kondisi pasien tersebut dalam keadaan stabil atau OTG (orang tanpa gejala).

Baca Juga :   Komplotan Pencuri Kabel Telkom Kepergok Polisi Saat Beraksi di Gondangwetan

“Berdasarkan hasil tracing dari petugas terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, ada salah satu warga yang kita rapid kemudian hasilnya positif tapi orangnya dalam keadaan tanpa gejala. Ini yang kita namakan OTG,” jelasnya.

Terhadap 2 warga terkonfirmasi Positif Covid-19, petugas Survaillance langsung melakukan tracing dan tracking terhadap siapa saja yang memiliki kontak erat dengan pasien tersebut.

“Kita telusuri siapa saja yang punya kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Mulai dari saudara, keluarga, sampai tetangga, dan orang yang pernah berhubungan langsung atau bertemu dengan pasien terkonfirmasi Covid-19,” terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan itu.

Dengan 2 warga terkonfirmasi Covid-19, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan sebanyak 14 orang. Terdiri dari 1 warga Bangil, 2 warga Beji, 2 warga Gempol, 1 warga Gondangwetan, 1 warga Kraton, 1 warga Lumbang, 1 warga Prigen, 1 warga Purwodadi, 2 warga Puspo, dan 2 warga Rembang.

Baca Juga :   “Hobi” Bobol Rumah dan Toko di Rembang, Pemuda Ini Disikat Polisi

Selain terkonfirmasi positif Covid-19, pada jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) juga dicatat sebanyak 2 orang. Kata Syaifudin, 2 orang tersebut terdiri dari 1 perempuan (22) warga Kecamatan Pandaan tapi ber-KTP Gresik, serta perempuan (46) warga Gondangwetan.

Untuk warga Pandaan merupakan pindahan atau rujukan dari salah satu rumah sakit di Kecamatan Sukorejo yang dilarikan ke RSUD Bangil lantaran ada keluhan sesak napas.

Sedangkan warga Gondangwetan adalah hasil tracing petugas surveillance terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan hasil positif rapid (reaktif).

“Untuk orang Gondangwetan ini juga tanpa keluhan atau dari pasien OTG kemudian karena merupakan kontak erat dengan pasien positif Covid-19, makanya kita rapid kemudian hasilnya reaktif. Kita rawat di RSUD Bangil sambil menunggu hasil swab keluar,” terangnya.

Dengan 2 PDP, maka keseluruhan PDP di Kabupaten Pasuruan mencapai 64 orang. Terdiri dari 6 warga Bangil, 5 warga Beji, 2 warga Gempol, 2 warga Gondangwetan, 5 warga Grati, 1 warga Kejayan, 3 warga Kraton, serta 2 warga Lekok.

Baca Juga :   Sekolah Rusak Diterjang Angin Kencang hingga Mantan Wabup Pasuruan Dituntut 4,6 Tahun Penjara | Koran Online 1 Jan

Kemudian PDP juga pada 1 warga Lumbang, 2 warga Nguling, 6 warga Pandaan, 10 warga Prigen, 1 warga Purwodadi, 3 warga Purwosari, 3 warga Puspo, 1 warga Rejoso, 3 warga Rembang, 2 warga Sukorejo, 1 warga Tosari, dan 4 warga Wonorejo.

Sementara untuk jumlah ODP (orang dalam pemantauan) dari 188 orang menjadi 195 orang. Ada 7 orang masuk dalam daftar ODP terdiri dari 1 laki-laki warga Gondangwetan, 1 laki-laki warga Lekok, 1 laki-laki warga Grati, 1 laki-laki warga Bangil dan 3 orang warga Tutur (2 laki-laki dan 1 perempuan).

Syaifudin mengimbau masyarakat untuk senantiasa melaksanakan seluruh anjuran pemerintah. Yakni rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker ketika berada di luar rumah, menghindari keramaian, menjaga jarak, dan memperkuat ibadah, selain yang utama berdoa kepada Allah SWT.

“Mari kita laksanakan apa yang diintruksikan oleh umara. Ini semua demi kebaikan kita bersama, agar Covid-19 segera hilang dari kita,” harapnya. (mil/ono)