Pasien 01 di Kota Probolinggo Kembali Positif

2845
RSUD dr Mohamad Saleh.

Probolinggo (wartabromo.com) – Pasien 01 positif Covid-19, berinisial S, belum diperbolehkan pulang dari RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Swab keempat dinyatakan positif, meski 2 kali tes sebelumnya negatif.

“Tim medis RSUD dr Mohamad Saleh tidak memerbolehkan pasien S pulang. Sebab, untuk hasil tes swab keempat, masih ditemukan positif corona,” kata Wakil Wali Kota Probolinggo Mohamad Soufis Subri, Rabu (29/4/2020).

Subri menyatakan selama dalam penanganan tim medis, S setidaknya menjalani 4 kali swab. Tes kedua dan ketiga, hasilnya negatif Covid-19. Namun, tes keempat pria yang mengikuti Pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKIH) pada 9-18 Maret 2020 di Asrama Haji Sukolilo itu, malah positif.

“Secara fisik kondisi pasien S sehat, tetapi karena tes swab ke empat masih positif, maka tetap diberlakukan isolasi di rumah sakit. Ini menjadi pelajaran bagi kita agar berhati-hati. Masih ada kemungkinan setelah negatif, kembali menjadi positif,” ujarnya.

S merupakan pasien pertama yang dinyatakan positif corona di Kota Probolinggo. Virus itu kemudian menulari P, anaknya. Ayah-anak itu kemudian menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Moh. Saleh. Dalam perkembangan, putranya telah dipulangkan karena dari dua kali tes swab, hasilnya negatif. (lai/saw)