Balita asal Kecamatan Bugul Kidul Positif, Warga se-Kampung akan Di-tracing

7388

Pasuruan (WartaBromo.com) – Balita laki-laki berusia 2 tahun dari Kota Pasuruan, hari ini jadi pasien nomor 16 positif covid-19. Menyikapinya, gugus tugas akan melakukan tracing ke keluarga dekat, bahkan warga sekitar rumah balita.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pasuruan, Shierly Marlena mengatakan, bayi tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Bugul Kidul, dan terkonfirmasi Covid-19 setelah swab keluar hari ini.

“Sore tadi, kami menerima informasi dari Pemprov Jatim yang mengkonfirmasi 1 balita laki-laki berusia 2 tahun dari Kota Pasuruan, dinyatakan positif Covid-19,” kata Shierly, via Telepon, Sabtu (16/05/2020) sore.

Dijelaskannya, sebelum dinyatakan positif Covid-19, bayi tersebut sempat dirawat di RSUD Bangil lantaran demam atau panas tinggi disertai sesak napas. Hanya saja, lantaran kondisinya membaik, pihak RSUD Bangil membolehkan balita ini untuk pulang, meski hasil rapid test diketahui reaktif.

Baca Juga :   Kisah Pemuda Pandaan, Raup Rupiah dari Miniatur Kendaraan

“Karena memang pulang dalam keadaan tidak ada gejala. Maka dari itu, dokter pun membolehkan balita ini pulang,” terangnya.

Lebih lanjut Shierly menegaskan bahwa dari hasil tracing petugas, balita ini pernah dikunjungi oleh warga sebelum maupun setelah pulang dari RSUD Bangil. Terkait dugaan penularan, diduga bisa didapatkan dari orang yang menjenguknya maupun faktor lainnya.

“Kemungkinan faktor tertularnya juga dari orang yang menyambangi balita ini. Ini dugaan saja. Tapi faktor lain juga bisa, sehingga masih terus kita telusuri,” ungkapnya.

Setelah dinyatakan Positif Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pasuruan meminta keluarga balita ini untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Sementara tim surveilans pada malam ini dan besok, akan melakukan tracing terhadap 10 anggota keluarga yang berada satu rumah dengan balita ini, serta seluruh warga yang berdekatan dengan rumah balita ini.

Baca Juga :   Soal Pembangkit Listrik Arjuno, Lima Tahun Lagi Ditarget Operasi

“Kita akan tracing satu kampung dan tentu saja 10 anggota keluarganya yang tinggal serumah dengan balita ini,” tegasnya.

Adanya balita terkonfirmasi, jumlah keseluruhan warga kota berstatus positif Covid-19 sebanyak 16 pasien. Begitu pula untuk jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 5 orang.

Jumlah ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 101 orang. Terhitung hari ini, seluruh kecamatan di Kota Pasuruan berstatus zona merah Covid-19. (mil/ono)