Sedikitnya 10 Pedagang Pasar Semampir Reaktif Rapid Test

2100

Kraksaan (wartabromo.com) – Terungkap 10 lebih pedagang di Pasar Semampir Kraksaan dinyatakan reaktif rapid test oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo. Pedagang itu berasal dari luar Kecamatan Kraksaan.

Rapid test di Pasar Semampir dilaksanakan selama 3 hari, sejak Rabu, 13 Mei 2020. Hari ke 1 ada 200 orang, kedua sebanyak 129 orang dan terakhir ada 64 pedagang. Total 393 orang di-rapid test dari sekitar 700 pedagang.

“Tidak seluruhnya karena memang sudah daftarnya habis. Kita menemukan beberapa yang reaktif dan kita akan lanjuti dengan swab nantinya,” ungkap jubir Gugus Tugas Covid-19 setempat, dr. Anang Budi Joelijanto pada Sabtu, 16 Mei 2020.

Baca Juga :   Penyelundupan Obat Terlarang ke Rutan Bangil Digagalkan, hingga Emak-emak di Kedawung Main Tik Tok di Tengah Banjir | Koran Online 28 Feb

Tes cepat secara massal itu, kata Anang, dilakukan sesuai instruksi Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari. Karena pasar merupakan pertemuan banyak orang. Apalagi jelang lebaran, pasar tambah ramai. Sehingga ditakutkan penularan virus corona lebih cepat.

“Ternyata terbukti, sampai sekarang sudah lebih dari 10 yang reaktif. Namun, saat ini mereka kita runut. Walaupun di Pasar Semampir, tetapi mereka berasal dari kecamatan terdekat bukan dari Kecamatan Kraksaan,” terangnya.

Terkini, ada 38 positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Dua orang dinyatakan sembuh. Untuk PDP ada 55, rinciannya 11 diawasi dan 26 selesai diawasi serta 18 meninggal dunia. Sedangkan ODP sebanyak 446, dengan keterangan 109 dipantau, 333 selesai dipantau dan 4 meninggal dunia. (saw/saw)