Wabup Lumajang Tak Punya Mobil, Meski Hartanya Miliaran

6559

Lumajang (WartaBromo.com) – Indah Amperawati, Wakil Bupati Lumajang catatkan harta kekayaan terbilang fantastis. Sejak memantapkan diri sebagai orang nomor 2 di Lumajang, kekayaan bersih yang dimiliki sebesar Rp6,1 miliar.

Merujuk data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK per 28 Januari 2020, harta kekayaan Wabup yang akrab disapa Bunda Indah itu keseluruhan mencapai Rp7,5 miliar.

Laporan ini diserahkan saat Bunda Indah menjabat sebagai Wakil Bupati Lumajang periode 2019-2024. Total kekayaan ini meningkat dari Rp2,2 miliar saat menjabat sebagai Kepala Bapedda pada 2015 silam.

Harta yang dilaporkan didominasi tanah dan bangunan dengan total Rp5,6 miliar. Ada 4 tanah dan bangunan yang dimiliki Bunda Indah dengan catatan merupakan hasil sendiri. Tiga tanah dan bangunan berada di Lumajang. Lalu satu bidang tanah berada di Kabupaten Jember.

Sementara untuk harta bergerak berupa alat transportasi dan mesin, Bunda Indah laporkan hanya memiliki 3 kendaraan dengan total nilai Rp22 juta. Ketiganya berupa motor dan Ia diketahui tak memiliki mobil.

Harta bergerak lainnya dicatatkan senilai Rp160 juta. Kemudian kas dan setara kas jumlahnya mencapai Rp1,76 miliar.

Meski begitu, wakil Thoriqul Haq ini juga memiliki utang yang cukup fantastis. Nilainya mencapai Rp1,3 miliar. Sehingga kemudian, total kekayaan Bunda Indah sebesar Rp6,1 miliar.

Laporan harta kekayaan periode 2019 ini disampaikan pada 28 Januari lalu, dan sudah diverifikasi KPK pada 5 Februari 2020.

“Apabila di kemudian hari terdapat harta kekayaan milik Penyelenggara Negara dan/atau keluarganya yang tidak dilaporkan dalam LHKPN, maka Penyelenggara Negara wajib untuk bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tulis KPK. (may/ono)