Jalani Isolasi di Hotel, 16 Warga Kabupaten Pasuruan Sembuh dari Corona

3680

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hari ini, 16 warga Kabupaten Pasuruan dinyatakan sehat tak lagi dijangkati corona (Covid-19). Oleh tim medis, tentu saja mereka dibolehkan pulang.

Keenam belas warga tersebut terdiri dari seorang dokter, 5 perawat, 2 tenaga administrasi RSUD Bangil, dan 8 orang yang merupakan anggota keluarga dari dokter dan perawat tersebut. Sejumlah 7 orang berasal dari Kecamatan Beji, 2 warga Bangil, 3 warga Rembang, 2 warga Pandaan, 1 warga Kraton, dan 1 warga Pasrepan.

Bupati Pasuruan, sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, keenam belas warga ini menjalani isolasi di Hotel Permata Biru, Prigen dengan waktu yang berbeda-beda. Meski demikian, berdasarkan hasil swab evaluasi, yang keluar hari ini, seluruhnya dinyatakan negatif Covid-19.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat memberikan surat keterangan sehat kepada pasien yang sembuh dari Covid-19 di halaman hotel Permata Biru.

“Ini adalah kabar yang sangat menggembirakan, karena hari ini ada 16 warga Kabupaten Pasuruan yang sebelumnya berstatus positif Covid-19, dinyatakan sehat, sembuh, dan boleh pulang,” kata Irsyad, di halaman hotel Permata Biru Prigen, Rabu (03/06/2020) sore.

Baca Juga :   Bupati Probolinggo Bersama Gubernur Jatim Salurkan Bantuan Covid-19

Irsyad menjelaskan, seluruh pasien yang menjalani isolasi di hotel Permata Biru adalah pasien terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala alias OTG (orang tanpa gejala). Mereka adalah para tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Bangil maupun RSUD Grati yang menangani pasien positif Covid-19, maupun PDP (pasien dalam pengawasan).

“Ada yang suami istri. Ada juga orang tua dan anak yang terpapar corona, dan akhirnya diisolasi di Permata Biru ini. Tapi semuanya tanpa gejala,” jelasnya.

Irsyad pun sampaikan apresiasi kepada seluruh petugas medis yang menurutnya, senantiasa merawat dan memberikan semangat kepada para pasien dalam melawan virus corona.
“Salam hormat dan terima kasih saya untuk Anda semua yang telah membuat para pasien ini sembuh dari Covid-19. Ini adalah bukti, bahwa Covid-19 bisa disembuhkan,” ucap Irsyad di hadapan para tenaga medis.

Baca Juga :   Kabar Baik! 5.000 Rumah di Kabupaten Pasuruan Bakal Teraliri PDAM

Hanya saja, meski sudah dinyatakan bebas Covid-19, Irsyad meminta kepada enam belas pasien sembuh, agar menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan ini juga mengajak keenam belas warga yang hari ini bebas Covid-19 untuk menyebarkan semangat, bahwa Covid-19 bisa dikalahkan dengan cara disiplin diri.

“Kuncinya adalah disiplin. Disiplin untuk memakai masker kalau keluar rumah. Disiplin untuk jaga jarak aman, menghindari kerumunan dan selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Inilah yang harus terus disebarkan kepada semua orang,” harapnya.

Hingga hari ini, berarti ada 29 warga Kabupaten Pasuruan yang sebelumnya terkonfirmasi sembuh dari Covid-19. Pasien sembuh itu terdiri dari 9 warga Beji, 1 warga Pasrepan, 1 warga Gempol, 2 warga, dan Gondangwetan.

Baca Juga :   Hari ini Ada 3 Pasien Positif di Kota Pasuruan, Salah Satunya Balita

Kemudian mereka yang sembuh juga pada 2 warga Pandaan, 2 warga Bangil, 1 warga Lumbang, 1 warga Purwodadi, 2 warga Puspo, 2 warga Kraton, dan 6 warga Rembang.

Irsyad meyakini, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan yang sembuh akan semakin banyak. Hal itu disebabkan oleh kedisiplinan dan kesabaran seluruh pasien untuk bagaimana bisa melawan Covid-19.

“Jangan sampai stress, utamanya yang terpapar corona tanpa gejala. Ini sangat mempengaruhi imunitas tubuh. Saya yakin akan semakin banyak warga yang sembuh dari Covid-19, semangat untuk berkumpul lagi dengan keluarga,” tegasnya. (mil/ono)