Rapor Pendidikan DPRD Kabupaten Pasuruan, 17 Tamatan SLTA

688
Suasana Pelantikan Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pasuruan, Selasa (17/9/2019). Foto: dokumen

Pasuruan (WartaBromo.com)- Sebanyak  50 orang tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasuruan hasil 2019 lalu. Lalu, bagaimana profil latar belakang pendidikan mereka?

Berdasar buku laporan Kabupaten Pasuruan dalam Angka tahun 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, background pendidikan anggota dewan cukup beragam. Dari SLTA hingga S3.

Sebagai catatan, regulasi pencalonan anggota DPR dan DPRD memang memberi ruang bagi lulusan SLTA untuk mencalonkan diri.

Nah, yang menarik adalah lulusan SLTA yang terpilih dan menjadi wakil konstituen di parlemen. Jumlahnya mencapai 17 orang. Sebagian besar laki-laki. Sementara yang perempuan, hanya satu orang.

Kendati demikian, mayoritas wakil rakyat merupakan lulusan S1/D-IV. Jumlahnya 27 orang dari 50 anggota dewan. 22 merupakan laki-laki dan 5 orang perempuan di antaranya.

Selain itu, DPRD Kabupaten Pasuruan juga tercatat memiliki 5 anggota bergelar master (lulusan S2). Serta, satu doktor.

Secara keseluruhan, dari 50 wakil rakyat yang ada, 44 laki-laki, dan hanya 6 anggota dewan perempuan.

PKB menempati perolehan kursi terbanyak (15 kursi), disusul PDIP (8 kursi), Gerindra (7 kursi), NasDem (6 kursi), Golkar (6 kursi). Lalu, PPP (4 kursi), PKS (2 kursi) Demokrat (1 kursi) dan Hanura (1 kursi). (nul/asd)